Sarang jin. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hafizi Azmi kembali hadir ke hadapan anda untuk berbagi informasi Islami semoga menginspirasi dan menjadi motivasi aktivitas anda hari ini.

Sarang jin dan setan itu biasanya di tempat tempat lembab seperti kamar mandi dan tempat lembab lainya. Tapi tahukah anda bahwa Jin sebenarnya justru sangat banyak bersarang di tubuh kita misalnya. Dimana sarang jin dalam tubuh manusia?

Sarang jin

Hadist tentang sarang jin di dalam tubuh manusia, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidaklah seseorang mengeluarkan sedikit dari sedekah hingga keluarlah 70 setan dari rahangnya.” (Hadits riwayat Ahmad, Al Hakim dan Al Baihaqi, dan dishahihkan oleh Al-Aalbani)

Kenapa Jin Bersarang di Dalam Tubuh Manusia?

Menariknya setan sebanyak itu bisa keluar dari tubuh hanya dengan sedikit sedekah. Artinya sedekah lebih banyak tentunya akan lebih banyak lagi setan yang keluar dari tubuh. Jumlah setan dan jin yang menggoda manusia memang sangatlah banyak.

Tugas utama mereka itu mengganggu dan menyesatkan manusia, maka dimanapun manusia berada di tempat itu pula setan dan jin pasti ada. Karena memang iblis (nenek moyang setan) itu telah bersumpah dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala ketika Allah menghukumnya sebagai makhluk yang sesat.

“Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan menghalang halangi mereka dari Jalan Engkau yang lurus.” (Al Quran surah Al-A’raf ayat 16)

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kesurupan Jin Menurut Islam

Sumpah iblis ini bukan isapan jempol, ia (iblis) dan anak cucunya telah membuktikan bahwa setiap perbuatan buruk dan kejahatan yang dilakukan oleh manusia tidak lepas dari bisikan dan godaan mereka (iblis).

Itu sebabnya Allah kemudian memerintahkan dalam Alquran surah An-Nas agar manusia selalu memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan yang biasa tersembunyi.

“Katakanlah, “Aku berlindung kepada Rabb (Tuhan yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Illah (sembahan) manusia, dari kejahatan bisikan setan yang biasa bersembunyi, yang membisikan kejahatan ke dalam dada manusia dari golongan jin dan manusia.”

Sarang Jin Dalam Tubuh Manusia

Jika memang setan banyak bersarang di tubuh manusia lalu bagian tubuh mana saja yang menjadi tempat sarang jin itu?

Berdasarkan hadits-hadits Shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ada beberapa tempat di bagian anggota badan manusia yang biasa menjadi sarang jin dan tempat persembunyian dari setan dan jin.

1. Bersarang di kuku yang panjang.

Sarang jin di dalam tubuh manusia salah satunya adalah kuku yang panjang. Itu sebabnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berpesan kepada umatnya.

“Potonglah (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat melalui kuku kuku yang panjang.” (Hadits riwayat Ahmad)

Lalu mengapa Jin suka dengan kuku yang panjang?

Karena setan dan jin yang suka bersembunyi di tempat-tempat yang kotor dan banyak kumannya. Setan dan jin berlindung di bawah kuku-kuku yang panjang dengan membuat tubuhnya mengecil dan bersembunyi di bawahnya.

Itu sebabnya para ulama sepakat bahwa memotong kuku hukumnya Sunnah dan makruh jika membiarkan nya tidak dipotong hingga sampai 40 hari.

2. Bersembunyi di lubang hidung.

Anggota badan lain yang juga kerap dijadikan sarang dan tempat persembunyian setan dan jin adalah lubang hidung. Umumnya setan dan jin masuk ke dalam lubang hidung manusia pada saat mereka sedang tidur.

Tempat ini dianggap nyaman oleh setan dan jin karena dalam lubang hidung terdapat banyak kotoran yang berasal dari cairan hidung yang telah mengering maupun kotoran debu yang menempel di dalam rongga hidung.

Itu sebabnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan kita agar membersihkan lubang hidung pada saat berwudhu. Dengan cara istintsar yaitu menghirup sedikit air kedalam hidung kemudian mengeluarkannya sebanyak 3 kali.

Hal ini juga dianjurkan untuk dilakukan setelah bangun tidur agar setan yang menginap di batang hidung segera keluar.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaklah memasukkan air kedalam hidung nya, dan mengeluarkannya (istintsyar) sebanyak 3 kali. Karena setan bermalam di lubang hidungnya.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Selain lubang hidung memang merupakan tempat kotor yang disukai setan, karena lubang hidung tidak termasuk anggota badan yang digunakan sebagai alat untuk beribadah. Seperti halnya tangan dan kaki sehingga setan mudah masuk ke dalamnya.

3. Sarang jin ada di lubang telinga.

Selain lubang hidung, lubang telinga juga menjadi tempat favorit Jin, karena telinga merupakan tempat kotor. Tak hanya menginap di telingan bahkan tempat ini sering menjadi sasaran tempat kencing nya setan.

Itu sebabnya orang yang tidur malam susah bangun untuk melaksanakan sholat malam dan sholat subuh karena ulah setan atau jin yang kencing di telinga.

Baca juga : Ketindihan Jin : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Abdullah Bin Masud menuturkan bahwa di sisi Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ada seorang laki-laki yang selalu tidur sampai pagi dan susah bangun untuk mengerjakan sholat. lalu Beliau bersabda :

“Itu adalah orang yang telinganya dikencingi oleh setan.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

4. Mulut (Menguap).

Selain itu mulut juga termasuk tempat favorit setan. Biasanya makhluk ini masuk ke dalam lubang mulut pada saat seseorang sedang menguap tanpa menutup mulutnya.

Abu Sa’id Al khudri menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian menguap letakkanlah tangannya pada mulutnya (tutuplah) karena setan akan masuk bersama dengan orang yang menguap yang mulutnya tidak ditutup.” (Hadits Riwayat Muslim)

Dengan demikian tidak ada satu pun manusia biasa yang anggota badannya tidak disentuh oleh setan dan jin. Bahkan tak jarang setan dan jin itu juga menjadikannya sebagai sarang dan tempat persembunyian.

Cara Terhindar Dari Gangguan Jin

Agar terhindar dari gangguan jin terutama di saat kita sedang tidur, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan kita untuk membaca Surah al mu’awwidzat yaitu surat al-ikhlas, al-falaq dan Annas sebanyak 3 kali, lalu meniup tangannya dan mengusapnya ke seluruh tubuh mulai dari wajah hingga sebisanya sampai ke ujung kaki.

Dari Ummul mukminin Aisyah Radiallahu Anha berkata:

“Apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidur beliau meniup kedua tangannya dan membaca Al mu’awwidzat lalu Beliau mengusap badannya dengan kedua tangannya.” (Hadis riwayat Al-Bukhari)

Apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ini merupakan upaya untuk memproteksi diri dari kemungkinan setan dan jin yang akan bermalam di lubang lubang bagian tubuh manusia seperti hidung dan telinga.

Selain itu agar terhindar dari gangguan setan dan jin yang setiap saat bisa terjadi pada diri kita maka kita hendaknya senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebab dengan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala otomatis kita termasuk ke dalam golongan hamba-hambanya yang mendapatkan perlindungan. Sebagaimana yang ditegaskan dalam Alquran.

“Sesungguhnya hamba-hamba-Ku kamu (setan) tidak dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai Penjaga.” (Al Quran Surah Al Isra ayat 65)

Dalam ayat ini Allah memberikan jaminan perlindungan bagi orang yang selalu dekat dengan-Nya dan beribadah kepada-Nya dari godaan setan dan gangguan jin.

Baca juga : Benarkah bau busuk berasal dari jin?

Al-hafidz Ibnu Katsir menjelaskan ayat ini bahwa orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah maka setan tidak akan mampu untuk menyesatkan mereka.

Karena Allah telah melindungi mereka dengan ibadah yang mereka kerjakan dan juga mencukupi kebutuhan mereka.

Wallahualam bishowab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.