Benarkah Bau Busuk dan Wangi Berasal Dari Jin atau Setan?

Benarkah bau busuk berasal dari jin jahat dan bau wangi berasal dari jin baik? Pernahkah Anda mencium bau wangi atau bau busuk yang datangnya secara tiba-tiba dan hilang nya juga tiba-tiba. Padahal di sekitar kita suasananya sudah hening tidak ada orang dan tidak terlihat aktivitas apapun yang dapat menimbulkan bau tersebut. Bahkan tak jarang bau itu membuat bulu Kuduk merinding, hati berdebar dan rasa takut yang tak tertahankan. Lantas berasal dari manakah bau tersebut. Benarkah dari jin  yang ingin mengganggu manusia?

Bau busuk dan wangi berasal dari jin

Jika ada orang mencium bau wangi atau bau busuk secara tiba-tiba kemudian begitu juga menghilang secara tiba-tiba tanpa ada seorang pun berada di dekatnya. Atau hal lain yang menandakan adanya bau wangi atau bau busuk itu. Seperti bunga melati, bau pandan yang yang menyengat atau bau bangkai yang menyengat sementara ia berada di dalam rumah yang bersih tidak ada taman dan tidak pula ada tumpukan sampah. Maka sudah dipastikan bahwa bau tersebut berasal dari Jin yang sengaja ingin mengganggu manusia.

Bau Busuk dan Wangi Berasal Dari Jin atau Setan, Benarkah?

Adapun jika ada anggapan di tengah masyarakat bahwa bau busuk berasal dari jin jahat dan bau wangi berasal dari jin baik dan jin sering mengganggu manusia.  Maka hal ini dibenarkan oleh para ulama. dan hal ini juga pernah dialami oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya. Beliau bersabda:

“Sesungguhnya ifrit, sebagian dari golongan jin semalam menggangguku, agar aku berhenti melakukan sholat. Namun Allah menindungiku, lalu aku mau mengikatnya pada teras masjid sampai pagi hari agar kamu dapat melihatnya. Tetapi aku ingat kepada Nabi Sulaiman yang berkata: ‘Ya Allah ampunilah aku dan berilah aku kerajaan yang tidak pantas bagi orang-orang sesudahku.” (Hadits riwayat Al-Bukhari)

Baca juga : Cara Mengusir Jin Dalam Rumah Dengan Garam

Ketika nenek moyang jin yang disebut iblis diclaim sesat oleh Allah ta’ala akibat keingkaranya. Maka ia berumpah kepada Allah untuk menyesatkan manusia. Dan usaha untuk menyesatkan umat manusia tidak akan tercapai kecuali dengan menggoda dan menggangunya secara terus-menerus baik secara lahir maupun batin.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Iblis menjawab; ‘Sebab Engkau telah menghukum saya tersesat, maka saya akan menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak akan menemukan kebanyakan dari mereka bersyukur (taat).” (Al Quran surah Al-a’raf ayat 16 -17)

“Iblis menjawab; ‘Demi kekuasaan-Mu, aku akan menyesatkan mereka semua.” (Al Quran Surah Shad ayat 82)

Pada dasarnya gangguan jin bermacam-macam, ada yang bisa terlihat ada juga yang tidak bisa dilihat oleh mata. Jin tersebut bisa dengan mudah berubah bentuk dan wujud tanpa diketahui manusia. Beberapa bahkan ada bisa didengar dan dirasakan oleh orang yang ada di gangguan jin atau setan

Lalu bagaimana dengan bau busuk yang muncul tiba-tiba tersebut. Apakah benar bahwa bau wangi itu berasal dari jin baik, sedangkan bau busuk itu berasal dari jin jahat.

Sebagai makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jin ada yang mulsim ada pula yang kafir. Layaknya manusia ada yang baik dan ada juga yang jahat. Namun bedanya dalam kehidupan alam Jin yang baik itu selalu Jin muslim. Karena dia selalu taat melaksanakan perintah Allah dan menjauhi yang dilarang-Nya. Sedangkan jin yang jahat selalu jin yang kafir sebab dengan kekufuran yang telah memikul mandat dari nenek moyangnya yaitu iblis untuk selalu menggoda dan menyesatkan manusia.

Oleh karena itu jika ada seseorang tiba-tiba mencium bau wangi atau bau busuk. Padahal di sekitarnya sama sekali tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya benda yang mengeluarkan bau bau tersebut. Maka bisa dipastikan  bau busuk atau wangi merupakan perbuatan Jin yang ingin mengganggu manusia. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Pelet Cinta Menurut Islam

Tidak ada petunjuk secara khusus dalam Alquran maupun hadis. Apakah bau wangi itu berasal dari jin baik dan bau busuk berasal dari jin jahat. Namun yang jelas jika dengan bau wangi atau bau busuk itu jin ingin mengganggu manusia dengan membuatnya ragu dan takut.

Maka baik bau wangi maupun busuk itu keduanya sama-sama berasal dari jin kafir. Yang merupakan jin jahat, sebab jin baik yang merupakan jin muslim tidak melakukan kecuali kebaikannya layaknya manusia muslim yang baik. Wallahu a’lam

Itulah penjelasan mengenai bau busuk dan wangi berasal dari jin atau setan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah pengetahuan.