Benarkah Setiap Manusia Didampingi Jin Qorin?

Mungkin kita bertanya-tanya, benarkah setiap manusia didampingi jin qorin? Qorin merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk kepada malaikat dan jin (golongan setan) yang mendampingi setiap orang atau manusia. Istilah ini digunakan di dalam Al-Qur’an dan dikatakan bahwa jin qarin itu mengikuti manusia sejak lahir hingga meninggal.

Setiap manusia didampingi jin qorin?

Kita mungkin sering mendengar jika setiap orang ada pendamping dari golongan jin yaitu jin qorin. Makhluk yang selalu menggoda anak keturunan Adam AS. Benarkah demikian? Informasi ini memang benar karena bersumber dari Allah di dalam Alquran:

“Yang menyertai manusia berkata; ‘Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (Al Quran surah qaf ayat 27).

Penjelasan Tentang Jin Qorin Pendamping Manusia

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebutkan yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia. Fakta ini diperkuat dengan informasi dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya:

“Setiap orang diantara kalian telah diutus untuknya seorang Qarin (pendamping) dari golongan jin. Para sahabat bertanya; ‘Termasuk Anda wahai Rasulullah? Beliau menjawab; Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menentukannya sehingga dia masuk Islam. karena itu ia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (Hadits Riwayat Muslim)

Baca juga : Benarkah Bau Busuk dan Wangi Berasal Dari Jin?

Karena jin itu terus mendampingi setiap orang dan tidak pernah berpisah dengannya. Maka dia disebut Jin Qorin atau jin pendamping. Qorin atau pendamping ini adalah Jin yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkannya. Karena itu Qarin termasuk setan dari kalangan jin.

Berdasarkan perlindungan terhadap berbagai Dalil dari Al Quran dan Sunnah dapat disimpulkan, bahwa tidak ada tugas bagi Jin Qorin selain menyesatkan, mengganggu dan membisikkan was-was. Akan tetapi godaan jin Qorin ini akan semakin melemah sebanding dengan kekuatan Iman pada diri seseorang. Namun begitu Jin Qorin berbeda dengan jin-jin lainnya.

Jin biasa memiliki kemampuan untuk menyakiti tubuh manusia sedangkan jin Qorin tidak bisa. Jin biasa membuat manusia kesurupan, bisa diusir, dimusnahkan atau dibunuh dengan bacaan ruqyah sedangkan Jin Qorin tidak bisa.

Oleh karena itu kita tidak perlu takut sekali pun jin qorin sebenarnya terus bersama kita setiap waktu. Kita tidak bisa membayangkan betapa dahsyatnya godaan ini. Karena Jin menyukai seseorang secara terus-menerus dari bangun tidur hingga tidur kembali. Bahkan selama tidur pun ada pada diri kita.

Sampai Kapan Jin Qorin Mendampingi Manusia?

Lalu sampai kapan Jin Qorin ini terus mendampingi kita. Apakah sampai meninggal pun terus mendampingi?

Berdasarkan zhahir hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, pendampingan Jin Qorin itu berakhir sampai seseorang meninggal dunia. Maka jin akan meninggalkan kita karena tugas yang diemban telah berakhir.

“Ketika manusia mati maka akan terputus semua amalnya kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakannya.” (Hadits riwayat Muslim)

Gangguan terus-menerus dari jin Qorin ini bukan tanpa celah. Karena bisa ditangkal dengan memperbanyak dzikir dan memohon perlindungan kepada Allah. Jika kita sungguh-sungguh melakukan hal ini Insya Allah akan datang perlindungan dari sang Maha Kuasa.

Inilah yang dijanjikan Allah subhanahu wa taala dalam Alquran:

“Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al Quran surah Al-A’raf ayat 200)

As Sa’di dalam tafsirnya menjelaskan, kapanpun dan dalam keadaan apapun ketika setan menggoda Anda di mana Anda merasakan adanya bisikan, menghalangi anda untuk melakukan kebaikan, mendorong anda untuk berdosa atau membangkitkan semangat anda untuk maksiat. Maka berlindunglah kepada Allah, sadarkan diri Anda kepada Allah, Mintalah perlindungan kepadanya.

Baca juga : Cara Mengusir Jin Dalam Rumah Dengan Garam

Sesungguhnya Dia Maha Mendengar terhadap apa yang kita ucapkan dan Maha Mengetahui niat kita, kekuatan dan kelemahan kita. Dia mengetahui kesungguhan kita dalam bersandar kepadanya sehingga Dia akan melindungi kita dari godaan dan was was setan. Wallahu a’lam

Itulah penjelasan tentang jin qorin pendamping setiap manusia. Semoga informasi yang saya bagikan ini menambah wawasan baru dan bermanfaat untuk Anda.