Anggota Tubuh Yang Bisa Dimasuki Jin

Assalamualaikum sobat Hafiziazmi. Kali ini saya akan bahas tentang jin bersarang di tubuh manusia di mana aja. Anggota tubuh manusia yang bisa menjadi sarang jin . Manusia dan jin merupakan dua makhluk yang berbeda. Jin merupakan salah satu makhluk gaib ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Namun sebaliknya jin dan setan memiliki kemampuan untuk melihat dan menggoda manusia. Bukan hanya melalui bisikan-bisikan atau kontak jail lainnya.

Anggota tubuh yang bisa dimasuki jin
Anggota tubuh yang bisa dimasuki jin atau setan

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Jin juga dapat menyusup dalam tubuh seorang manusia dan bersarang di dalamnya. Bagian tubuh mana sajakah yang dapat menjadi sarang jin. Kali ini saya akan memaparkan untuk anda.

Anggota Tubuh Yang Bisa Dimasuki Jin dan Bersarang di Dalamnya

1. Aliran darah – Bagian tubuh yang paling mudah dimasuki dan menjadi sarang jin adalah aliran darah. hal ini telah dijelaskan dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahwa:

“Sesungguhnya setan itu berjalan dalam tubuh anak Adam melalui peredaran darah dalam tubuhnya.” (Hadits Riwayat Muslim) .

Untuk mengatasi hal ini Islam mengajarkan beberapa metode pengobatan seperti bekam, mengeluarkan darah kotor setiap bulannya. Kita juga dapat melakukan ruqyah diri sendiri setiap malam sebelum tidur. Dengan membaca beberapa ayat al-quran dan niatkan untuk mengusir gangguan jin yang ada di tubuh kita.

2. Lubang Mulut (Menguap) – Kemudian bagian tubuh yang sering dimasuki Jin ialah lubang mulut. Jin sangat senang bersarang di anggota tubuh. Dan mereka akan mudah masuk ketika manusia menguap. Maka dari itu kita diperintahkan untuk menutup mulut ketika hendak menguap. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa:

“Apabila seseorang dari kalian menguap, letakkanlah tangannya pada mulutnya atau tutuplah. Karena setan akan masuk bersama dengan orang yang menguap (yang mulutnya tidak ditutup).” (Hadits Riwayat Muslim)

3. Lubang Hidung – Berikutnya adalah lubang hidung. Meskipun sedikit mengejutkan namun inilah faktanya bahwa ketika kita tidur para Jin juga ternyata suka bersembunyi dan tidur di dalam lubang hidung manusia. Untuk itu dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa:

“Apabila salah seorang diantara engkau bangun tidur, hendaklah mengeluarkan air dari hidungnya atau (istintsar) tiga kali, karena setan itu menginap di batang hidungnya.” (Hadits Riwayat Muslim)

4. Lubang Telingan – Berikutnya anggota tubuh yang disukai jin untuk bersarang adalah lubang telinga. Di mana disebutkan dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang artinya:

“Sebagaimana diceritakan dari Abdullah bahwa disisi Nabi bahwa ada seorang laki-laki yang selalu tidur sampai pagi tanpa mengerjakan shalat (malam), lalu Beliau bersabda, “setan telah kencing di telinganya.” (Hadits riwayat Muslim)

5. Melalui Kuku Tangan dan Kaki – Yang terakhir adalah kuku tangan dan kaki yang panjang. Kebanyakan ulama berpendapat bahwa memanjangkan kuku hukumnya adalah makruh. Dan ternyata lebih dari itu, kuku panjang juga merupakan tempat masuknya jin di tubuh kita. Dan di sanalah Jin akan bersarang.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

Potonglah atau (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat (melalui) kuku kuku yang panjang.” (Hadits riwayat Ahmad)

Nah, itulah beberapa anggota tubuh yang dapat dimasuki jin. Untuk itu kita sudah sepantasnya menjaga kebersihan tubuh kita. Karena tubuh kita yang kotor adalah tempat terbaik untuk Jin bersembunyi.