Kuku Panjang Jadi Sarang Jin, Ulama: Kuku Panjang Hukumnya Makruh!

Hafiziazmi.com, Kuku Panjang – Sebagian kita tentu ada yang merasa risih melihat kuku yang panjang, karena terkesan kotor dan membahayakan. Bahkan ada pula yang beranggapan bahwa kuku panjang adalah tempat persembunyiannya Jin. Benarkah demikian?

Apakah jin bisa bersarang di bagian bagian tertentu tubuh manusia, misalnya disela-sela kuku yang panjang?

Para ulama membenarkan bahwa Jin memang bersembunyi di kuku manusia yang panjang. Para Jin bahkan menjadikannya sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Karenanya, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan umatnya untuk memotong dan memperpendek kukunya. Hal ini sesuai dengan hadis Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu bahwa Nabi saw. bersabda.

“Potonglah atau perpendeklah kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat melalui kuku-kuku yang panjang.” (Hadits riwayat Ahmad)

Berdasarkan hadis ini, jin dapat memperdaya manusia untuk membiarkan kukunya menjadi panjang agar mendapat tempat tinggal yang nyaman. Jadi selain menjaga kebersihan, memotong kuku menjadi pendek secara tak langsung akan mengusir Jin menjauh dari tubuh kita.

Oleh sebab ini pula para ulama kemudian sepakat bahwa memperpanjang kuku hukumnya makruh. Jika lebih 40 hari maka hukumnya adalah haram.

تطويل الأظافر مكروه إن لم يكن محرماً ، لأن النبي صلى الله عليه وسلم وقت في تقليم الأظافر ألا تترك فوق أربعين يوماً

“Memanjangkan kuku hukumnya makruh, jika tidak dihukumi haram. Karena Nabi saw. memberi batas waktu agar tidak membiarkan kuku kita lebih dari 40 hari.” (Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin, 11/131).

Anas bin Malik radhiallahu Anhu berkata.

وُقِّتَ لَنَا فِى قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الأَظْفَارِ وَنَتْفِ الإِبْطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لاَ نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Kami diberi batasan dalam memendekkan kumis memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, agar tidak dibiarkan lebih dari 40 hari.” (Hadits Riwayat Muslim nomor 258)

Batas yang diberikan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam sifatnya umum berlaku untuk semua bagian badan yang dianjurkan untuk dipotong atau dibersihkan.

Bukan pula panjang yang menjadi acuan, akan tetapi semalas-malasnya orang maksimal kukunya harus dipotong dalam 40 hari, agar Jin tidak terlalu lama berdiam di kukunya.

Menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah, bahwa memotong kuku, mencukur bulu kemaluan dan mencabut buku ketikan disunnahkan pada hari Jumat.

Selain di kuku, ada pula bagian-bagian tubuh manusia yang menjadi persembunyian para Jin terutama bagian tubuh yang berlubang dan mudah kotor.

Apa saja bagian tubuh yang menjadi persembunyian atau sarang jin? Baca artikelnya disini.

Allahu a’lam.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.