Penyebab dan Cara Mengatasi Ketindihan Jin Menurut Islam

Assalamualaikum. Pembahasan kita kali ini adalah penyebab dan cara mengatasi ketindihan jin menurut islam. Sikap jin atau setan pada manusia terkadang keterlaluan. Jin dan setan tidak hanya mengganggu dan menggoda manusia di saat keadaan sadar, tetapi juga dalam keadaan tidak sadar, seperti dalam keadaan tidur. Seseorang tiba-tiba bermimpi buruk sehingga berteriak atau bahkan menendang-nendang atau terkadang badannya terasa berat seolah-olah ada yang menindihnya.

Fenomena ketindihan saat tidur ini kemudian kerap kali dikaitkan dengan jin. Lantas benarkah fenomena ketindihan tidur karena perbuatan jin atau setan. Fenomena ketindihan saat tidur merupakan fenomena biasa dan hampir pernah dialami oleh setiap orang. Meskipun tingkat ketindihan tergolong ringan.

Ketindihan jin menurut islam

Oleh karena itu beragam pendapat bermunculan mengenai fenomena ketindihan ini. Di Indonesia sebutkan fenomena ini bermacam-macam, ada yang menyebutnya rep-repan, erep-erep hingga tindihan.

Fenomena Ketindihan Jin Saat Tidur Menurut Islam

Fenomena tindihan yang kerap kali dikaitkan dengan jin dibenarkan oleh sebagian ulama. Terutama jika tindihan itu didahului dengan mimpi tertentu yang menyeramkan. Ada kalanya gangguan jin melalui mimpi disertai dengan gangguan secara fisik seperti fenomena tindihan ini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Mimpi itu ada tiga macam, bisikan hati, ditakut-takuti setan dan kabar gembira dari Allah.” (Hadits riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Jin Penghalang Jodoh dan Bagaimana Cara Jin Menghambat Jodoh

Dalam riwayat lain dinyatakan:

“Mimpi itu ada tiga macam, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah, mimpi yang menakutkan atau menyedihkan datangnya dari setan, dan mimpi yang timbul karena angan-angan atau khayal seseorang. Karena itu jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi. bangunlah kemudian sholatlah dan jangan menceritakannya kepada orang lain.” (Hadits Riwayat Muslim)

Namun jika fenomena ini tidak ada kaitanya dengan mimpi tertentu. Melainkan terjadi begitu saja disaat seseorang yg sedang tidur. Makan ini dikategorikan sebagai gangguan tidur belaka yang dapat dijelaskan secara medis. Fenomena ini muncul akibat tubuh masih memutus hubungan dengan saraf motorik ketika seseorang terbangun.

Di sini lah orang orang mengalami apa yang disebut dengan tindihan. Sebab ketika terbangun ia tidak dapat menggerakkan tubuh bahkan sulit berbicara.

Penyebab Ketindihan dan Cara Mengatasi Ketindihan Menurut Islam

Secara medis fenomena tindihan di saat tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena tubuh sangat lelah, tidur dengan posisi menghadap ke atas, stres, pengaruh obat-obatan dan perubahan jam atau pola tidur.

Baca juga : Cara Menghilangkan Pelet Cinta Menurut Islam

Lantas bagaimana cara melepaskan diri dari tindihan. Adakah doa tertentu yang dibaca untuk mengatasi mimpi buruk dan segala bentuk gangguan jin atau setan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan kepada kita agar membaca doa sebelum tidur dan berserah diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ada beberapa cara untuk mengatasi ketindihan yaitu dengan membaca doa sebelum tidur dan menghindari penyebab yang sudah disebut diatas.

1. Doa sebelum tidur 

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ, لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ.

“Ya Allah. Aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu karena mengharap dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu, aku memohon ampunan-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud  dan at-Tirmidzi)

Baca juga : Cara Mengusir Jin Dalam Rumah Dengan Garam

Tidak hanya dua doa diatas yang dianjurkan untuk dibaca disaat mau tidur. Ada juga ajaran Rasulullah sebelum tidur. Yaitu dengan membaca surat An-Nas, Al Falaq, Al ikhlas sebanyak 3x dengan mengepalkan kedua tangan kemudian mengusapkan ke seluruh bagian tubuh.

Sobat Hafizi Azmi, Itulah penyebab dan cara mengatasi ketindihan jin menurut islam. Semoga kita selalu dapat mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa yang terjadi dan mendapatkan limpahan rahmat Taufik dan hidayah-Nya aamiin ya rabbal alamin.