Perbuatan Dosa yang Langsung Dibalas di Dunia

Assalamualaikum sobat Hafizi Azmi. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tantang perbuatan dosa yang langsung dibalas di dunia. Seperti yang kita tahu, setiap perbuatan yang kita lakukan yang baik maupun yang buruk tidak akan luput dari balasan Allah Subhanahu Wa ta’ala di akhirat. Namun ternyata ada juga perbuatan dosa yang langsung mendapatkan balasan dari Allah ketika di dunia.

Dosa yang langsung dibalas di dunia

Dosa merupakan ketidaktaatan manusia dalam hubungannya dengan Tuhan yang diungkapkan melalui pemberontakan dan pelanggaran manusia. Dosa bisa diartikan pelanggaran terhadap Tuhan atau sesama yang dapat mengakibatkan terputusnya hubungan antara manusia dengan sang pencipta yaitu Allah. Dan berikut ini adalah perbuatan dosa yang langsung dibalas di dunia.

Dalam sebuah hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Dua perbuatan dosa yang Allah cepatkan azabnya atau siksanya di dunia, yaitu berbuat zalim dan al ’uquq (durhaka kepada orang tua).” (Hadits riwayat Hakim 4/77 dari Anas bin Malik RA)

Dosa yang Langsung Dibalas di Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan pada riwayat diatas bahwa 2 perbuatan dosa tersebut akan dicepatkan azabnya di dunia. Lalu seperti apa perbuatan zalim yang akan disegerakan balasannya Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikut pemaparannya.

1. Perbuatan Zalim.

Kata zalim pada hakikatnya memiliki arti melanggar hak orang lain dalam arti yang lebih luas. perbuatan zalim bisa juga digunakan untuk melambangkan sifat kejam, bengis, tidak berperikemanusiaan, suka melihat orang lain dalam penderitaan dan kesengsaraan.

Baca juga : Dosa Syirik Tidak Diampuni Allah, Benarkah?

Selain itu perbuatan zalim juga dicontohkan seperti melakukan kemungkaran, penganiayaan kemusnahan harta benda, serta ketidakadilan.

2. Perbuatan dosa zina.

Salah satu contoh perbuatan zalim yang menimbulkan kemungkaran adalah perbuatan zina. Zina adalah salah satu bentuk kemungkaran yang termasuk perbuatan zalim yang akan disegerakan balasannya. Tak salah jika dosa ini termasuk kategori dosa besar. Ada aturan yang jelas dalam Islam mengenai pezina baik sudah menikah atau pun belum.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya 100 kali dera. Dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah. Jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman.” (Al Quran surah An Nur ayat 2)

Selain mendapat hukuman langsung tersebut, seperti yang kita tahu perbuatan zina dapat menimbulkan kemudharatan bagi pelakunya. Seperti tertular penyakit mematikan dan merusak hakekad martabatnya sebagai manusia.

3. Perbuatan dosa mengurangi timbangan saat berdagang.

Perbuatan dosa selanjutnya yang akan disegerakan balasannya oleh Allah adalah mengurangi timbangan saat berdagang. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. Tidakkah orang-orang itu yakin bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan. Pada suatu hari yang besar. (Yaitu) hari ketika manusia berdiri menghadap Rabb semesta alam.” (Al Quran surah Al Muthaffifin ayat 1-6)

Kecurangan tersebut jelas merupakan satu bentuk praktek pencurian terhadap hak milik orang lain yang jelas-jelas diharamkan oleh agama.

Salah satu contoh balasan langsung yang diterima dari perbuatan curang tersebut seperti yang dialami oleh kaum Nabi Syu’aib atau penduduk Madyan. Yaitu dengan dinaungi awan yang sangat panas dan turunlah hujan api. Yang bergejolak, yang membakar dan membinasakan penduduk madyan pada saat itu. Nauzubillah min zalik

4. Durhaka kepada orang tua

Perbuatan dosa yang dibalas langsung di dunia dan juga di akhirat selanjutnya adalah berbuat dosa pada orang tua. Salah seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang ukuran durhaka kepada kedua orang tua.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menjawab:

“Ketika mereka menyuruh ia tidak mematuhi mereka, ketika mereka meminta ia tidak memberi mereka, jika memandang mereka ia tidak hormat kepada mereka sebagaimana hak yang telah diwajibkan bagi mereka.” (Mustadrak Al-Wasail 15: 195)

Bagi seorang anak yang durhaka kepada orang tua, maka tidak segan bagi Allah subhanahu wa ta’ala untuk memberikan balasan berupa kesengsaraan hidup, tidak bahagia dan sulit saat sakaratul maut. Seperti yang kita tahu ridho Allah adalah ridho orang tua, murka Allah adalah murka orang tua. Jadi apa yang dirasa dan dikatakan oleh orang tua untuk anaknya pasti akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Baca juga : Jenazah Berat Pertanda Banyak Dosa, Benarkah?

Bayangkan jika orang tua sampai berkata atau berdoa yang buruk untuk anaknya nauzubillahminzalik.

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Ada tiga doa yang dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala yang tidak diragukan tentang doa ini. Yang pertama yaitu doa kedua orang tua terhadap anaknya, yang kedua doa orang yang musafir yang sedang dalam perjalanan, yang ketiga doa orang yang dizalimi.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Apa yang sudah Allah Subhanahu Wa Ta’ala peringatkan kepada kita. Semata untuk menjaga dan menjauhkan kita semua dari kemungkaran yang merugikan di dunia maupun di akhirat. Semoga informasi mengenai perbuatan dosa yang langsung dibalas di dunia bermanfaat dan menambah keimanan kita.