Dampak Zina : Akibat Dosa Zina Di Dunia dan Akhirat

Dampak Zina : Akibat Dosa Zina Di Dunia dan Akhirat

Dampak dosa zina – Akibat dan dampak buruk perbuatan zina memang luar biasa. Baik bagi diri sang pelaku maupun orang lain. Semuanya secara gamblang telah ditegaskan Allah dan rasulnya dalam Alquran maupun hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Dosa zina diyakini sebagian masyarakat berdampak kepada 40 rumah di sekitarnya dan karenanya selama itu pula ibadah mereka tidak diterima. Apakah dampak zina 40 rumah disekitarnya?

Dosa Zina Dampak Zina 40 Rumah Disekitarnya

Zina adalah suatu реrbuаtаn реrѕеtubuhаn antara lаkі-lаkі dаn реrеmрuаn уаng tidak tеrіkаt dengan реrnіkаhаn аtаu perkawinan. Sесаrа umum, zina bukаn hаnуа dі ѕааt manusia tеlаh mеlаkukаn hubungan ѕеkѕuаl, tеtарі segala aktivitas-aktivitas ѕеkѕuаl уаng dapat mеruѕаk kehormatan manusia termasuk dіkаtеgоrіkаn zina. [Sumber wikipedia]

Memang banyak orang meyakini bahwa perbuatan zina berdampak pada 40 rumah di sekitarnya dan ibadah mereka tidak diterima karenanya. Akan tetapi hal ini tidak ada dasarnya dari Alquran, sunnah Nabawiyah maupun ijma’ atau konsensus para ulama.

Dizaman sekarang ini tak sedikit anak muda yang masih duduk dibangku sekolah sudah nikah mudah karena perbuatan zina yang mengakibatkan hamil diluar nikah.

Loading...

Dosa zina memang perbuatan keji yang dampaknya sangat luar biasa, namun tidak dibatasi hanya kepada 40 rumah di sekitarnya. Dan tidak pula dampak zina yang dilakukan seseorang kemudian ibadah para tetangganya kemudian tidak diterima.

Akibat Doza Zina di Dunia

Dalam hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dijelaskan bahwa dampak zina tak hanya 40 rumah di sekitarnya, tapi bisa satu kampung, satu kota atau bahkan satu negeri. Jika perzinahan itu telah merajalela di suatu negeri.

Dampak zina adalah Allah akan menurunkan azab kepada suatu kaum yang didalamnya terdapat orang-orang yang berzina. Sementara mereka yang mengetahui adanya perzinahan tersebut membiarkannya atau justru melegalkanya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Jika zina dan riba telah merebak di suatu kaum, maka sungguh mereka telah membiarkan diri mereka ditimpa azab Allah.” (Hadits riwayat Al Hakim)

Dalam riwayat yang lain Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda, Imam Ahmad meriwayatkan hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam :

“Umatku senantiasa ada dalam kebaikan, selama tidak ada orang yang berzina. Namun jika ada orang yang berzina, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menimpakan azab kepada mereka.” (Hadits riwayat Ahmad)

Berdasarkan hadits ini dapat dipahami bahwa azab yang akan ditimpakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala akibat dosa zina yang dilakukan oleh segelintir orang. Bisa berdampak kepada suatu kaum yang berarti jumlahnya sangat banyak dan tidak terbatas.

Bahkan bisa menyebabkan kematian massal yang melanda suatu negeri. Inilah yang ditegaskan oleh Imam Ibnu Qayyim dalam menjelaskan hadits ini. Dia menuturkan, zina adalah salah satu penyebab kematian massal dan penyakit tho’un.

Tatkala perzinahan dan kemungkaran merebak di kalangan Pengikut Nabi Musa Alaihissalam, Allah Subhanahu Wa Ta’Ala menurunkan wabah tho’un.

Dampak Zina 40 Rumah Disekitarnya?

Lantas dari manakah kesimpulan dosa zina memiliki dampak zina 40 rumah di sekitarnya?

40 rumah di sekitar kita adalah orang-orang yang dalam Syariat agama Islam dinyatakan sebagai tetangga. Bahkan menurut sebagian ulama yang termasuk tetangga kita adalah 40 rumah depan, 40 rumah ke belakang, dan 40 rumah ke samping kanan dan kiri kita.

Merujuk keterangan dari Aisyah Radiallahu Anha, Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani menuturkan, batasan tetangga adalah 40 rumah dari segala penjuru.

Dalam riwayat lain yang disampaikan oleh Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari dikatakan, tetangga adalah 40 rumah ke kanan, kiri, belakang dan depan.

Pendapat ini juga disepakati oleh para ulama Mazhab Syafi’i dan Hambali bahwa tetangga adalah 40 rumah dari segala arah.

Jika 40 rumah ini dihubungkan dengan dampak orang yang berzina di suatu tempat, maka ini berarti bahwa yang pertama kali terkena dampak zina adalah tetangganya. Yaitu 40 rumah ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan kiri. Kemudian kaum lainnya secara umum jika perzinahan telah merajalela.

Itu sebabnya tetangga memiliki peranan penting dalam mencegah perbuatan maksiat dan tidak senonoh di lingkungannya.

Meskipun demikian, hal ini tidak dapat dijadikan dalil karena secara spesifik dampak zina hanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja yang mengetahuinya. Dan kapan azab kepada mereka akan diturunkan akibat perbuatan zina yang dilakukan oleh seseorang di lingkungannya. Wallahualam

PENUTUP

Namun, bukan berarti dosa zina tidak dapat diampuni oleh allah. Dengan catatan orang yang melakukan perbuatan dosa zina berniat tidak mengulanginya kembali. Seperti yang sudah saya samoaikan sebelumnya bahwa ada cara bertaubat dari dosa zina.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran yang berbunyi :

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

“Katakanlah: ‘hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya dialah yang Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (Al Quran Surah Az-zumar ayat 53)

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai dosa zina serta dampak zina di dunia maupun dampak zina 40 rumah disekitarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Incoming search terms:

Berikan Nilai Anda

Share:

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.