Setan dan Jin Muncul di Waktu Maghrib, Kemana di Siang Harinya?

Assalamualaikum. Kapan jin berkeliaran? jika setan atau jin muncul di waktu maghrib, kemana jin di siang hari? Semua pertanyaan diatas sudah Hafizi Azmi tulis dalam artikel yang sedang Anda baca ini. Orang tua kita dulu sering menyuruh kepada anak-anaknya agar segera masuk rumah saat menjelang magrib. Menurutnya setan akan keluar dan bertebaran di waktu matahari tenggelam.

Namun sekarang hal tersebut sudah jarang dilakukan oleh orang tua masa kini. Bahkan sebagian menganggap hal tersebut adalah mitos belaka. Padahal berdasarkan hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam faktanya memang demikian, dan benar adanya bahwa setan akan keluar dan bertebaran di waktu matahari tenggelam.

Jin muncul di waktu maghrib

Hanya saja karena setan memang makhluk astral yang tak kasat mata, maka kita seringkali tidak merasakan kehadirannya. Padahal andaikan alam jin diperlihatkan kepada kita, niscaya saat jarum dijatuhkan dari atas ke bumi. Kita tidak akan pernah tahu dimana jarum tersebut jatuh, karena ia jatuh di belakang setan.

Banyak hadits Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang menjelaskan tentang setan yang keluar dan berkeliaran di waktu petang. Dan karena itu beliau memerintahkan untuk tidak berada di luar rumah pada saat itu. Menutup pintu rumah, melindungi anak-anak dan menutup semua tempat makanan dan minuman.

Benahkah Jin Muncul di Waktu Maghrib?

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Ketika malam tiba, dekatkanlah anak-anak kalian kepadamu, karena waktu itu setan berkeliaran, sejam kemudian kalian dapat melepaskan mereka. Dan tutuplah pintu pintu rumahmu dan sebutlah nama Allah. Padamkanlah lampu dan sebutlah nama Allah. Tutuplah minumanmu dan sebutlah nama Allah. tutuplah juga bejanamu dan sebutlah nama Allah. Sekalipun hanya dengan meletakkan sesuatu di atasnya.” (Hadits riwayat Al-Bukhari)

Dalam hadis lain Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda:

“Janganlah kalian membiarkan anak-anak kalian saat matahari terbenam sampai menghilangnya kegelapan malam. Sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam.” (Hadits Riwayat Muslim)

Lantas apa maksud setan bertebaran di waktu petang? Jika setan keluar di waktu Maghrib di manakah setan berada di waktu siang?

Berdasarkan riwayat hadits Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang menjelaskan tentang setan yang keluar dan bertebaran di waktu petang. Kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada penjelasan detil dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Mengapa setan itu keluar dari persembunyiannya dan bertebaran di waktu yang mulai gelap itu.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Ketindihan Jin

Kecuali sekedar berupa perintah agar kita waspada dengan datangnya setan yang membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia. Namun demikian, para ilmuwan mencoba menganalisa tentang mengapa setan bangkit ketika hari sudah mulai gelap dan bertebaran di muka bumi dengan pemandangan luar biasa serta dengan jumlah yang hanya Allah saja yang tahu.

Menurut seorang ilmuwan muslim bernama Prof.Riset. DR.Ir.H. Osly Rachman,MS dalam bukunya yang berjudul the science of sholat. Yang menjelaskan bahwa di waktu menjelang magrib spektrum cahaya di alam akan berubah menjadi berwarna merah.

Cahaya sendiri merupakan gelombang elektromagnetis yang setiap spektrum warnanya memiliki frekuensi, energi dan panjang gelombang yang berbeda. Menurutnya jika sore berangsur malam maka akan terjadi perubahan spektrum warna alam yang memiliki kesamaan dengan frekuensi dengan jin dan iblis yaitu spektrum warna merah.

Di waktu seperti inilah setan dan jin memiliki energi yang sangat kuat, karena memiliki resonansi yang sama dengan alam. Karena itu setan bangkit dari persembunyiannya dan mulai bertebaran. Hal ini dikaitkan dengan masalah penglihatan di waktu Maghrib yang terkadang menjadi kurang tajam. Akibat adanya Fatamorgana yang disebabkan banyaknya intervensi antara gelombang gelombang elektromagnetik.

Perintah Rasulullah Ketika Menjelang Maghrib

Lalu Mengapa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan menutup pintu rumah tempat makan dan tempat minum dengan menyebut nama Allah, serta memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat malam tiba.?

Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan untuk menutup pintu rumah, menutup tempat makan dan minum dengan menyebut nama Allah, serta memasukkan anak-anak ke dalam rumah di waktu malam telah tiba. Maka ini semua bukan tanpa alasan, sebab disaat setan sudah mulai bergentayangan dengan jumlah yang luar biasa banyaknya.

Baca juga : Jin Penghalang Jodoh

Kemudian tidak lama setelah itu adzan maghrib berkumandang maka setan-setan mulai panik ketakutan dan lari mencari perlindungan kemanapun mereka bisa berlindung. Bisa saja setan-setan itu masuk ke dalam rumah ke tempat makan dan minuman bahkan juga merasuki tubuh manusia terutama para bayi hingga suara adzan tak terdengar oleh mereka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

“Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga ia tidak mendengar adzan lagi.” (Hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Menurut ulama kontemporer setan lari ketika mendengar suara adzan, karena adzan berisi kalimat tauhid dan syiar Islam. Menurut ulama kontemporer yang lain, setan takut saat mendengar adzan karena adzan dianggap sesuatu yang sangat menakutkan bagi setan. Sehingga ketika rasa takut itu menguasai dirinya maka ia lari terbirit-birit dan ngompol atau keluar kentut.

Adapun pendapat yang lain mengatakan bahwa setan mencari perlindungan di kala Maghrib dan diwaktu kegelapan malam mulai berangsur mencekam. Karena keluarnya mereka dalam jumlah yang sangat besar bisa mengganggu dan melintas antara satu dengan lainnya.

Sehingga mereka mencari tempat berlindung yang aman bagi dirinya dan bergerak melebihi kecepatan manusia dengan berkali-kali lipat. Kemudian berlindung di rumah rumah kosong, wadah-wadah kosong atau ke dalam tubuh orang-orang yang sedang duduk dan lainnya.

Jika Setan & Jin Muncul di Waktu Maghrib, Dimanakah Jin Diwaktu Siang?

Pertanyaannya jika setan keluar di waktu Maghrib lalu di manakah setan berada di waktu siang?

Sebagian ulama mengatakan bahwa setan dan jin mendiami banyak tempat di belahan bumi. Baik di darat, laut maupun udara. Bahkan di tengah laut yang dalam jin dan setan membangun kerajaan nya pusat kota dan pemerintahannya.

Selain itu jin dan setan juga berdiam di samudra yang luas, sungai-sungai, padang padang pasir yang luas, tempat-tempat terpencil seperti gunung, lembah, hutan. Bahkan jin dan setan juga tinggal berdekatan dengan manusia seperti di atas atap rumahnya, kamar mandi, lorong rumah, comberan, selokan dan tempat-tempat kotor lainnya.

Karena itu ketika siang telah tiba dan bumi diterangi oleh sinar matahari maka jin dan setan bersembunyi di tempat tempat gelap dan kotor di manapun mereka sukai dan tidak bergentayangan seperti di malam hari.

Sebab menurut kodratnya jin dan setan tercipta dari api dan api tidak dapat bersinergi dengan cahaya matahari yang terang benderang. Demikian juga spektrum warna cahaya matahari tidak sama dengan spektrum warna setan. Sehingga setan menjadi lemah di siang hari dan tidak mampu melakukan aktivitasnya seperti di malam hari yang gelap dan sunyi.

Setan dan jin justru lebih suka beraktivitas di malam hari. Karena setelah mendapatkan kekuatannya di saat matahari tenggelam dengan spektrum warna merahnya, mereka menjadi sangat aktif dan bertenaga. Pada saat itulah dengan kesombongannya setan dan jin bisa leluasa menggoda manusia.

Baca juga : Cara Mengusir Jin Dalam Rumah

Tidakkah kita tahu bahwa kejahatan dan kemaksiatan lebih banyak dilakukan di malam hari. Sehingga kita diperintahkan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan malam. Ini tidak lain karena ambil setan sangat besar di dalamnya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

“Katakanlah:  “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (Al Quran surah Al-Falaq ayat 1-5)

Selain itu, setan menyukai waktu malam karena waktu malam sangat sunyi. Sehingga dengan suasana yang sangat mencekam dan menakutkan dia bisa menakut-nakuti manusia dan menjerumuskan keimanannya serta menjadikannya musyrik.

Atau sebaliknya, setan mengganggu manusia dengan suasana menyenangkan di malam hari tetapi dalam keadaan lalai untuk melakukan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal inilah yang membuat manusia banyak berbuat maksiat sehingga terjerumus ke dalam kubangan dosa. Naudzubillahi min dzalik.

Itulah pembahasan mengenai jin muncul di  waktu maghrib dan juga menjawab pertanyaan mengenai kapan jin berkeliaran dan dimana jin di waktu siang hari. Semua sudah saya jelaskan dengan lengkap.