Kapan Dimulai dan Batas Waktu Sholat Dhuha Jam Berapa?

Assalamualaikum. Kali ini Hafizi Azmi | Blog islami masa kini hadir kembali kehadapan Anda untuk berbagi pengetahuan dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Pada pembahasan kali ini yaitu tentang kapan dimulai dan batas waktu sholat dhuha jam berapa. Melaksanakan sholat dhuha memiliki pahala tersendiri. Maka dari itu Anda haru tau waktu sholat dhuha yan baik menurut shunnah.

Pertanyaannya kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha. Sholat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada saat hari mulai beranjak siang. Hal ini sesuai dengan asal kata Dhuha yaitu Ad-Dahwu kata tersebut bermakna waktu siang hari dikala sinar matahari mulai terik. Lantas kapan dimulai waktu sholat dhuha dan batas waktu jam berapa?

Waktu Sholat Dhuha Dimulai Jam Berapa?

Bagi kebanyakan orang sholat dhuha ini dikenal dengan shalat pembuka rizki. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda bahwa Allah ta’ala berfirman :

“Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan 4 rokaat sholat di awal siang (di waktu dhuha), maka aku akan mencukupimu diakhir siang.” (Hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Kapan Dimulai dan Batas Waktu Sholat Dhuha Jam Berapa?

Tidak semua orang mampu bersedekah secara rutin karena keterbatasan ekonomi. Orang yang tidak mampu memilih merutinkan Sholat Dhuha. Ada anggapan amalan sedekah bisa digantikan dari mengerjakan shalat dhuha sehingga tidak perlu bersedekah dengan hartanya.

Baca juga : Tidak Hafal Bacaan Sholat, Apa Hukum Sholatnya Sah?

Imam Ar-Rofi’I dan Ibnu Rif’ah serta sebagai ulama dalam mazhab syafi’I lainya. Berpendapat shalat dhuha dimulai ketika bayangan benda sudah setinggi kurang lebih 1 tombak. Dan menurut Imam Al Albani jarak 1 tombak adalah 2 M sesuai standar ukuran sekarang.Menurut sebagian ulama waktu dimulainya shalat dhuha kurang lebih 15 menit setelah terbitnya matahari.

ثَلاَثُ سَاعَاتٍ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّيَ فِيْهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيْهِنَّ مَوْتَانَا: حِيْنَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ، وَحِيْنَ يَقُوْمُ قَائِمُ الظَّهِيْرَةِ حَتَّى تَمِيْلَ الشَّمْسُ، وَحِيْنَ تَضَيَّف لِلْغُرُوْبِ حَتَّى تَغْرُبَ

“Ada 3 waktu di mana Nabi SAW melarang kami untuk melaksanakan sholat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami: [1] ketika matahari terbit sampai tinggi, [2] ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan [3] ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim no. 1926)

Batas Waktu Sholat Dhuha

Batas akhir waktu melaksanakan sholat dhuha sebelum masuk waktu larangan shalat yaitu ketika bayangan tepat berada diatas benda, tidak condong ke timur atau ke barat. Selama bayangan benda masih condong ke arah barat meskipun sedikit berarti waktu Dhuha masih ada.

Ketika bayangan benda lurus dengan bendanya tidak condong ke barat maupun timur. Maka waktu sholat dhuha telah habis dan masuk waktu terlarang untuk mengerjakan salat. Mayoritas atau jumhur ulama memberikan patokan sederhana waktu untuk melaksanakan sholat dhuha berakhir kira-kira 15 menit sebelum waktu zuhur.

Kesimpulan.

Imam An-Nawawi mengatakan: ulama madzhab kami (syafi’i) mengatakan: “Waktu ketika matahari mulai panas adalah waktu yang paling baik untuk melaksanakan shalat dhuha, meskipun dibolehkan shalat sejak terbit matahari sampai menjelang tergelincirnya matahari. (Syarh Shahih Muslim, 6/30).

Demikian artikel ini tentang kapan waktu sholat dhuha baik waktu dimulai sholat hingga batas akhir waktu. Semua sudah jelas dari jam berapa hingga jam berapa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan baru.