10 Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Assalamualaikum sobat Hafizi Azmi blog islami masa kini yang hadir di hadapan Anda untuk berbagi berbagai informasi islami. Apa saja manfaat dan keutamaan sholat subuh berjamaah di masjid ? Semua sudah saya tulis dibawah berdasarkan sumber yang terpercaya yaitu sabda Rasul dan Al Quran.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sangat gembira melihat para sahabatnya menjaga sholat subuh berjamaah. Saat itu hari Senin 12 Robiul Awal tahun 11 Hijriyah. Itulah sholat jamaah terakhir yang disaksikan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Keutamaan sholat subuh

Ini sekaligus membuktikan perhatian besar Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam terhadap sholat subuh berjamaah. Dan memang sholat subuh berjamaah memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan salat salat fardu lainnya. Inilah 10 keistimewaan dan keutamaan sholat subuh berjamaah.

Inilah 10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

1. Mendapat jaminan keamanan dari Allah Swt.

Orang yang Sholat subuh berjamaah berada dalam jaminan keamanan dari Allah. Hal inilah yang dituturkan Jundub bin Abdullah Al-Bajali Radhiallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apapun kepada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian ia kan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam neraka.” (Hadits Riwayat Muslim)

Dalam riwayat lain terdapat tambahan.“Siapa sholat subuh berjamaah dia berada dalam jaminan Allah”

Maksudnya, siapa yang mengerjakan shalat subuh berjamaah ia berada dibawah jaminan keamanan dari Allah. Tak seorangpun bisa mencelakainya, Allah tak akan biarkan seseorang mencelakainya.

2. Mendapatkan Pahala Qiyamul lail Sepanjang Malam

Orang yang melakukan salat subuh berjamaah mendapatkan pahala qiyamullail sepanjang malam. Utsman bin Affan Radhiallahu Anhu menuturkan Sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam:

“Siapa melaksanakan shalat Isya berjamaah maka seolah-olah melaksanakan shalat separuh malam. Dan siapa melaksanakan shalat subuh berjamaah seolah-olah dia melaksanakan shalat malam sepanjang malam itu.” (Hadits Riwayat Muslim)

Baca juga : Keutamaan Sholat Duha

3. Terbebas dari sifat Munafik atau Kenifakan

Orang yang melakukan sholat subuh berjamaah akan terbebas dari kenifakan atau sifat munafik. Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak ada shalat yang lebih berat atas orang-orang munafik daripada sholat subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang terdapat di kedua Sholat itu, niscaya mereka akan melaksanakannya kendati dengan merangkak.” (Hadits riwayat Muttafaq ‘Alaih)

4. Meraih Cahaya Sempurna Dihari Kiamat

Keutamaan sholat subuh berjamaah berikutnya adalah bisa meraih cahaya sempurna di hari kiamat. Dari Buraidah Al-Aslami RA dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (Hadits riwayat Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Mengapa cahaya begitu penting di hari kiamat? karena seluruh sumber cahaya di dunia akan padam pada hari kiamat, matahari digulung dan bintang-bintang berjatuhan. Manusia dibangkitkan dalam keadaan gelap gulita, gelap yang berlipat ganda.

Saat itu manusia sangat membutuhkan cahaya, saat melintasi Shiratal Mustaqim pun setiap orang akan sangat membutuhkan cahaya. Dan orang yang shalat subuh berjamaah akan mendapatkan cahaya sempurna dari Allah subhanahu wa ta’ala.

5. Disaksikan Malaikan dan Dipuji dihadapan Allah

Malaikat menyaksikan orang yang shalat subuh berjamaah dan memuji mereka yang sholat subuh berjamaah dihadapan Allah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Para malaikat (penjaga) di waktu malam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian. Mereka berkumpul pada saat sholat subuh dan sholat Ashar. Lalu malaikat yang telah menjaga kalian semalam suntuk naik (ke langit). Allah bertanya kepada mereka padahal Dia lebih mengetahui dari mereka.

“Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku? mereka menjawab: Kami tinggalkan mereka saat mereka sedang sholat dan kami datangi mereka saat mereka sedang sholat.” (Muttafaqun Alaih)

6. Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

Mendapat pahala Haji dan umrah apabila setelah sholat subuh berjamaah dilanjutkan berdzikir hingga matahari terbit dan ditutup sholat dua rokaat. Inilah yang ditegaskan dalam penuturan Anas bin Malik Rasulullah Shallallahu alaihi sallam bersabda :

“Siapa yang sholat subuh dengan berjamaah lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian sholat dua rakaat. Maka ia mendapatkan pahala haji dan umroh sempurna (diulang 3 kali) (Hadits riwayat At Tirmidzi)

7. Mendapatkan Pahala Besar Pada Sholat Qobliyahnya

Meraih pahala besar pada sholat sunnah Qobliyah nya. Ssebagaimana disabdakan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam :

“Sholat dua rakaat Fajar (qobliyah subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (Hadits Riwayat Muslim)

8. Selamat Dari Api Neraka

Keutamaan sholat subuh berjamaah selanjutnya yaitu menjadi sebab keselamatan dari api neraka. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, Maksudnya sholat subuh dan sholat Ashar.” (Hadits Riwayat Muslim)

9. Sebab Utama Masuk Surga

Sholat subuh berjamaah menjadi salah satu sebab utama masuk surge. Ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Barangsiapa yang Sholat di dua waktu yang dingin biaya masuk surge.” (Muttafaqun ‘Alaih)

Yang dimaksud dengan “2 waktu yang dingin” dalam hadits ini adalah sholat subuh dan Ashar.

10. Akan Melihat Wajah Allah Dihari Kiamat

Orang yang melaksanakan salat subuh berjamaah akan melihat wajah Allah dihari kiamat. Sejumlah ulama menyebutkan manfaat inilah yang paling agung dari sholat subuh berjamaah. Karena seseorang telah memaksa matanya untuk terbuka dan digunakan berjalan menuju rumah Allah untuk memenuhi panggilan Nya. Maka kelak di akhirat Allah sempurnakan nikmat pada penglihatannya dengan melihat wajah Allah yang Maha indah.

Baca juga : Sholat Subuh Kesiangan, Harus Bagaimana?

Dari Jarir bin Abdullah Al-Bajali Radiallahu Anhu ia berkata, kami pernah duduk di sisi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika itu beliau melihat bulan purnama. Kemudian beliau bersabda:

“Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan sholat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah.” (Muttafaq ‘ Alaih)

Oleh karena itu siapkan niat sebelum tidur untuk bisa bangun sebelum subuh agar mendapati sholat subuh berjamaah dan mendapatkan janji Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana yang disabdakan Rasul yang mulia Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan keutamaan sholat subuh berjamaah di masjid atau musholah. Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat dan menjadi motifasi Anda.