[MUSTAJAB] 3+ Doa Minta Anak Sholeh dan Sholehah Plus Amalan Sunah Rasul

Diposting pada
5/5 (2)

Doa minta anak sholeh adalah sebuah langkah awal agar mendapatkan keturuan yang baik. Namun, waktu mendapatkan keturunan berbeda-beda bagi setiap pasangan.

Ada yang baru menikah tapi langsung mendapat kabar bahwa sang istri hamil. Ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun setelah pernikahan baru dikaruniai anak.

Memiliki anak sholeh dan sholehah merupakan suatu dambaan bagi setiap keluarga muslim. Tidak hanya menikah dengan pasangan yang imannya lebih kuat saja, namun untuk mendapatkan anak sholeh juga diselingi dengan amalan yang baik dan doa yang dianjurkan dalam Al Quran dan Hadist.

Ada beberapa doa yang dapat diamalkan untuk memperoleh keturunan yang baik atau dalam islam sering disebut anak sholeh dan sholehah. Dan berikut ini doa minta anak sholeh yang pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan Nabi Zakaria.

Doa Meminta Anak Sholeh

Amalan mendapatkan keturunan baik

Kehamilan merupakan masa yang sangat dinanti-nanti oleh pasangan suami istri, selepas mereka melangsungkan acara pernikahan.

Tentu mereka akan sangat ingin mendapatkan keturunan sholeh. Sebagaimana salah satu tujuan agung dari pernikahan adalah untuk mendapatkan generasi penerus terutama anak sholeh.

Tapi intinya, kehadiran anak merupakan sesuatu yang dinanti setiap pasangan yang telah menikah. Lalu apa saja amalan doa yang hendaknya dilakukan agar mendapatkan keturunan sholeh.

1. Berdoa sebelum melakukan hubungan

2. Perbanyak amak sholeh

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyukai kebaikan dan suka kepada hambanya yang melakukan amal kebaikan. Apabila Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menyukai seorang hamba, maka segala permintaan dan kebutuhan hamba tersebut pasti akan dikabulkan.

Oleh karena itu, untuk melengkapi doa-doa yang telah di panjatkan kepada Allah. Seseorang seharusnya memperbanyak amal kebaikannya.  Bentuk-bentuk amal kebaikan sangat banyak dan beragam, namun Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat suka kepada amal kebaikan yang walaupun itu kecil dan konsisten dilakukan.

Suami istri yang belum mempunyai anak bisa melaksanakan amal kebaikan seperti puasa sunah senin kamis, rutinkan bersedekah atau berinfak dijalan Allah. Bisa juga dengan memelihara anak yatim dan amalan-amalan sumber lain guna mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan-amalan sunnah, juga harus disertai dengan prasangka baik kepada Allah. Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sesuai dengan prasangka seorang hamba kepadanya.

Baca juga : Hindari Kalimat Yang Dilarang Saat Berdoa Berikut Ini!

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Allah subhanahu wa ta’ala berfirman ; “Aku sebagaimana prasangka hamba-Ku kepadaku dan Aku bersamanya ketika dia mengingatku.” (Muttafaqun Alaihi)

3. Bersungguh-sungguh dalam ikhtiar dan usaha.

Untuk mempunyai anak seseorang hendaknya juga menuntaskan usaha dan ikhtiarnya kepada Allah. Bentuk usaha dan ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan pendekatan medis.

Sebaiknya pasangan suami istri memeriksakan dan memastikan kesuburan mereka kepada dokter. Serta melaksanakan program-program yang bisa mempercepat kehamilan.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menunjang kehamilan. Hubungan suami istri juga perlu diperhatikan sebagai upaya agar istri cepat hamil. Hubungan suami dan istri hendaknya dilakukan pada saat masa subur istri sesuai dengan anjuran ahli medis.

Semua ini adalah upaya ikhtiar atau usaha sungguh-sungguh yang harus dilewati agar bisa cepat mendapat keturunan sholeh.

4. Tawakal dan sabar.

Setelah melakukan segala usaha dan doa seseorang juga dianjurkan untuk senantiasa bertawakal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tawakal bukan berarti berputus asa atau berhenti melakukan usaha. Namun wujud tawakal adalah berbaik sangka kepada Allah setelah melakukan usaha dan yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik pembuat rencana bagi hamba-nya.

Doa Minta Anak Sholeh

Sholeh, ѕаlеh, аtаu ѕhаlіh dіаrtіkаn sebagai taat dаn jugа bеrѕungguh-ѕungguh dalam mеnjаlаnkаn ѕuаtu ibadah.

Mаkа аnаk sholeh bеrаrtі оrаng уаng реrіlаku dаn kepribadiannya terhindar dari hal-hal yang merusak, dan dі ѕіѕі lаіn mеmbаwа mаnfааt bаgі lіngkungаn ѕеkіtаrnуа.

Mendapatkan keturunan sholeh, taat dan baik. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan doa agar dibaca sebelum berhubungan suami istri :

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺟَﻨِّﺒْﻨَﺎ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻭَﺟَﻨِّﺐْ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻣَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘَﻨَﺎ

“Bismillahi allahumma jannibnasy syaithana wajannibisy-syaithana maa razaqtanaa”

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari campur tangan setan dan jauhkan pula setan dari apa-apa yang engkau karuniakan kepada kami.”

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Jika diantara kalian berjima’ seraya berdoa, Wahai Allah jauhkanlah setan dari kami, ya Allah jauhkanlah kami dari campur tangan setan dan jauhkan pula setan dari apa yang engkau karuniakan kepada kami. Maka jika ditentukan bagi mereka anak, tak akan di perangkap oleh setan selama-lamanya.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Doa para nabi untuk mendapat anak sholeh

Sebab nabi merupakan manusia pilihan Allah subhanahu wa ta’ala dan doa mereka mustajab. Dalam Alquran disebutkan ada beberapa doa yang dibaca para Nabi dalam meminta keturunan atau anak sholeh dan baik.

Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim Alaihissalam yaitu.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Robbi habli minassholihin”

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang soleh.” (Al Quran surah As-Saffat ayat 100)

Kemudian doa Nabi Zakaria Alaihissalam.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa”

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya engkau maha pendengar doa.” (Al Quran Surah Ali Imron ayat 38)

Atau dengan membaca doa meminta anak sholeh dan sholehah berikut ini.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana Min azwajina wa dzurriyatina Qurrota A’yun waj’alna Lil muttaqiina imama.

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami Imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qur’an surah Al-Furqan ayat 74)

Doa meminta anak sholeh dan sholehah

Bagi suami istri yang berdoa agar cepat punya anak sebaiknya juga memperhatikan waktu-waktu yang utama dalam berdoa. Seperti berdoa diantara adzan dan iqomah, menjelang buka puasa, selepas sholat lima waktu, doa di hari Jumat atau sholat tahajud di sepertiga malam terakhir.

Baca juga : Tanda Amalan, Ibadah dan Doa Diterima Oleh Allah

Selain waktu berdoa hendaknya juga memperhatikan tempat berdoa. Misalnya berdoa di tanah suci ketika melaksanakan Haji atau umrah bisa menjadi tempat yang pertama dalam berdoa.

Selain itu tidak ada salahnya juga meminta agar orang-orang terdekat membantu mendoakan agar cepat mendapat anak terutama meminta kepada ibu atau orang tua agar didoakan. Karena salah satu doa yang cepat diijabah oleh Allah subhanahu wa ta’ala adalah doa ibu kepada anaknya.3

Itulah beberapa amalan yang bisa Anda prektekan dan doa minta anak sholeh yang Nabi wasiatkan kepada kita. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda semua.

Berikan Nilai Anda

Gambar Gravatar
Hafiziazmi.com adalah blog islami yang terdapat ilmu fiqih, sejara islam, keutamaan al quran, dan materi agama islam terlengkap.

One thought on “[MUSTAJAB] 3+ Doa Minta Anak Sholeh dan Sholehah Plus Amalan Sunah Rasul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.