Apakah Boleh Wudhu di Dalam Kamar Mandi Atau WC?

Apakah boleh wudhu di dalam kamar mandi atau wc? – Assalamualaikum sobat Hafiziazmi. Mungkin Anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana dengan wudhu di toilet? karena toilet itu tempat yang kotor, bahkan merupakan tempat yang dilarang menyebut asma Allah. Lalu apa hukum mengambil wudhu di wc atau kamar mandi?. Langsung saja simak baik baik penjelasanya berikut ini.

Mengambil wudhu di kamar mandi atau toilet (wc) mungkin sering Anda lakukan. Namun perlu Anda ketahui, apakah saat Anda mengambil wudhu terdapat najis. Tentu Anda kurang yakin bahwa di dalam kamar mandi toilet tidak terdapat najis. Alangkah baiknya Anda mengganti tempat wudhu Anda, atau wudhu di masjid / mushola dan sholat disitu. Karena ada hukum wudhu di dalam toilet atau kamar mandi.

Wudhu di Dalam Kamar Mandi Toilet (WC) , Apakah Boleh?

Dalam hal ini para ulama memakruhkan berwudhu di tempat yang bernajis seperti di kamar mandi dan WC. Karena khawatir akan ada najis yang mengenainya sedangkan wudhu tujuannya adalah untuk bersuci menghilangkan najis. Maka apabila seseorang terpaksa berwudhu di kamar mandi. Harus dipastikan tidak ada najis yang dapat mengenainya.

Wudhu di dalam kamar mandi atau wc

Namun perlu diingat wudhu di kamar mandi tidak boleh dengan melafalkan asma Allah, dzikir dan juga doa. Sebab melafalkan nama Allah di kamar mandi hukumnya makruh. Seperti yang dituturkan Imam Nawawi Radiallahu anhu bahwa jika orang yang di dalam WC ini bersin maka tidak boleh membaca Hamdalah, tidak pula mendoakan orang yang bersin, tidak menjawab salam, serta tidak menjawab adzan.

Baca juga : Hukum Wudhu Sambil Bicara, Sah atau Tidak?

Bahkan orang yang memberi salam kepada orang yang berada di WC dianggap bertindak ceroboh. Sehingga tidak berhak dijawab. Oleh karena itu jika seseorang berwudhu di kamar mandi cukup berzikir dan menyebut nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam hati saja. ¬†Wallahualam

Nah, sekian pemaparan tentang wudhu di dalam kamar mandi atau toilet (WC) yang saya rangkum. Semoga dengan membaca artikel ini Anda semakin paham. Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Sampai ketemu dilain artikel.