Bentuk Sedekah Selain Uang Yang Pahalanya Menggiurkan

Bentuk sedekah selain uang – Assalamualaikum. Pada kesempatan kali ini saya kembali menyajikan kepada anda mutiara mutiara ilmu yang terpendam dalam blog HafiziAzmi.com. Pembahasan kali ini kita akan kupas tuntas tentang  bentuk sedekah selain uang yang paling baik dalam islam.

Sobat Hafiziazmi , dalam bentuk apapun dan sebesar apapun sedekah pasti ada pahalanya. Jika ikhlas karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sungguh pahala sedekah sangat menggiurkan. Bahkan, seandainya orang yang meninggal dunia dihidupkan kembali maka amalan yang akan ia pilih adalah sedekah. Nah, dibawah ini sudah saya rangkum dalam artikel contoh sedekah selain uang yang paling baik dalam islam.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala firman.

“Ya Tuhanku Mengapa engkau tidak melanjutkan kematianku sampai waktu yang dekat yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang Saleh” (QS. Al munafiqun ayat 10)

Apa bentuk sedekah selain uang yang memiliki pahala yang besar?

Sedekah yang memiliki pahala luar biasa tidak hanya selalu berupa uang atau harta benda lainya. Para ulama menjelaskan bahwa sedekah bisa berupa jasa maupun tenaga. Hal ini didasarkan kepada hadits-hadits Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang menyatakan beberapa amalan sebagai sedekah. meski tidak menyebut amalan yang setara pahalanya dengan pahala sedekah. hal ini karena sedekah adalah pemberian secara umum.

Sedekah selain uang

Berbeda dengan infak yang terbatas pada harta benda saja. Dengan demikian tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan kebaikan kepada orang lain bahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala termasuk sedekah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah tiap-tiap Tahmid adalah sedekah tiap-tiap tahlil adalah sedekah menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah mencegah kemungkaran adalah sedekah dan hubungan intim di antara kalian dengan istrinya adalah sedekah” (HR. Muslim)

Dulu para sahabat nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memahami kalau sedekah itu harus dengan uang atau harta. Oleh karena itu para sahabat yang miskin, mengadukan akan kondisi mereka yang tidak bisa bersedekah karena tidak memiliki cukup harta. Maka Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam meratakan “Bukankah Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjadikan bagi kalian apa apa yang dapat disedekahkan. Setiap perkara yang baik adalah sedekah dan termasuk perkara baik adalah engkau menemui saudaramu dengan wajah ceria dan engkau menuangkan air dari timba ke bejananya (HR. al-bukhari )

Selain itu masih banyak lagi amalan yang dianggap sedekah dan bisa dirujuk dalam hadits-hadits Shahih lainnya. Lantas Bagaimanakah jika amalan-amalan seperti itu tidak diniatkan sedekah karena tidak tahu.

Dari Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Sesungguhnya seluruh amalan itu tergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan apa yang dilakukannya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Jika dinilai berdasarkan hal ini maka setiap amal baik yang dilakukan seperti tasbih, tahmid, tahlil, membantu orang lain dan lain sebagainya. Jika tidak diniatkan sebagai sedekah baik dia tahu atau tidak tahu maka bukanlah termasuk sedekah. Karena ia tidak pernah bersedekah. Namun demikian ia tetap mendapatkan pahala kebaikannya. Sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Sebaliknya, jika seseorang telah meniatkan sedekah tetapi karena sesuatu dan lain hal ia tidak bisa melakukannya. Maka ia tetap mendapatkan pahalanya. Diriwayatkan bahwa ada seseorang melihat orang lain menginfakkan hartanya untuk ketaatan kepada Allah. Lalu ia berkata, “Andai aku punya harta aku pasti mengerjakan seperti apa yang dia dikerjakan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam lalu bersabda “Jika dia jujur dengan niatnya itu, maka pahala keduanya sama”( hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Demikian artikel tentang bentuk sedekah selain uang yang pahalanya sangat besar. Semoga kita mampu membantu orang lain tanpa mengharap imbalan apapun. Sekian dan terima kasih.