Tidak Bisa Membaca Al Quran, Apakah Berdosa?

Tidak bisa membaca Al quran. Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim. Karenanya membaca Al-qur’an memiliki keutamaan yang begitu besar. Namun di zaman sekarang ini seorang muslim masih ada yang tidak bisa baca Al quran. Bagi anak-anak mungkin hal ini wajar wajar saja, dan masih bisa untuk mempelajarinya hingga mahir. Namun bagaimana jadinya jika orang dewasa seperti suami, istri atau orang tua tidak mampu membaca Alquran.

Ada anggapan bahwa rumah yang tidak dibacakan Al-quran akan menjadi seperti kuburan. Orang-orang yang tinggal di dalamnya tak ubahnya seperti mayat-mayat penghuni makam. Rumah yang seperti itu juga akan terasa sempit, tidak dikunjungi malaikat Rahmat dan akan menjadi sarang setan. Benarkah anggapan seperti itu, bagaimana seharusnya.?

Berdosakah Seorang Muslim Tidak Bisa Membaca Al Quran?

Memang benar bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan Al-qur’an akan menjadi seperti kuburan. Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam sudah berpesan agar kondisi seperti ini tidak pernah menimpa seorang pun dari umatnya. Beliau bersabda :

“Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surah Al-Baqarah.” (Hadits Riwayat Muslim)

Tidak bisa membaca al quran

Jika rumah kita menjadi tempat singgahan setan pasti membuat penghuninya gelisah dan tidak suka. Karena Allah Ta’ala telah menetapkan setan sebagai musuh yang sebenarnya bagi manusia. Maka agar terhindar dari gangguan setan di rumah perbanyaklah membaca Al-Quran di rumah.

Jika orang yang tidak biasa membaca Al-quran diibaratkan dengan penghuni kuburan. lantas berdosakah seorang muslim yang tidak bisa membaca Al Quran.

Bila orang yang tidak bisa membaca Al-Quran itu memiliki kecerdasan yang cukup bahkan termasuk orang yang berpendidikan. Namun enggan memperhatikan Al quran dan tidak mau untuk belajar. Maka dia  BERDOSA  karena ketidakmampuannya itu.

Baca juga : Membaca Al Quran Denga Huruf Latin, Bolehkah?

Sebaliknya bila sudah berusaha belajar dengan semaksimal mungkin, akan tetapi takdir Allah menghendakinya tidak mampu membaca Al-Qur’an. Maka dia  TIDAK BERDOSA . Jika demikian Apa yang bisa dilakukan untuk menutupi kekurangan ini.

Bila seseorang sudah belajar semaksimal mungkin namun masih tidak bisa membaca Al-quran. Maka sering-seringlah mendengarkan Alquran baik saat ada pengajian atau dari rekaman sekalipun. Karena di zaman sekarang sangat mudah ditemukan rekaman Alquran baik dalam bentuk cakram padat DVD atau aplikasi dalam telepon seluler.

Atau kalau ada rezeki bisa mengundang Qori atau Hafiz Alquran untuk membaca Al-quran di rumahnya. Selain itu bisa juga dengan berusaha menghafal surat-surat pendek seperti Al Fatihah dan surah surah yang terdapat dalam Juz Amma. Wallahualam

Demikian pembahasan kali ini mengenai seorang muslim tidak bisa membaca Al quran. Semoga menginspirasi dan menjadi motivasi aktivitas anda hari ini. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk menghafal Al quran dan mampu mengamalkannya.