Bolehkah Membaca Al Quran di HP Tanpa Wudhu dan Menutup Aurat?

HafiziAzmi.com – Membaca Al Quran di HP menjadi dilema bagi sebagian masyarakat. Ada kekhawatiran mengenai hukum dan pahalanya jika tidak mengambil air wudhu dan menutup aurat.

Dikarenakan teknologi semakin berkembang dengan cepat, kemunculan aplikasi Al Quran menjadi solusi untuk membaca Alquran dengan mudah. Namun, terkadang yang menjadi kendala adalah apakah membaca al quran di hp tanpa wudhu dibolehkan?

Membaca Al quran di hp tanpa wudhu

Tak jarang orang yang membaca Al Quran di handphone tanpa menutup aurat dan juga tanpa wudhu. Memegang gadget sama saja dengan memegang pelapis Al Quran dan itu dibolehkan.

Lalu bagaimana hukumnya jika tidak mengambil air wudhu terlebih dahulu layaknya membaca mushaf Al-Quran?

Hukum Membaca Al Quran di HP Tanpa Wudhu

Pada dasarnya membaca Al Quran dengan menyentuh mushaf Al Quran haruslah dalam keadaan suci dari hadats dan najis.

Maka mayoritas ulama sepakat melarang orang yang berhadas untuk memegang mushaf baik untuk dibaca maupun untuk tujuan lainnya.

Namun sebagian ulama membolehkan membaca Al Quran baik dengan hafalan atau membaca Al quran di hp tanpa wudhu terlebih dahulu.

Hal itu berdasarkan hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masuk ke kamar kecil lalu menyelesaikan hajatnya. Kemudian beliau keluar dan makan roti dan daging bersama kami, beliau juga membaca Al-Quran. Tidak ada yang menghalanginya Sallallahu Alaihi Wasallam (boleh jadi berkata: tidak menghalanginya) dari membaca Al-Quran kecuali junub.” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

Baca juga : Hukum Membaca Al Quran di HP Saat Haid Bagi Wanita

Alasan lainya yang membolehkan membaca Al-Quran dari aplikasi handphone tanpa wudhu adalah karena sifat handphone berbeda dengan mushaf.

Handphone atau barang elektronik lain seperti tablet dan laptop adalah media yang dipakai untuk media belajar Al-Quran. Peraturanya tentu berbeda dengan mushaf.

Disamping itu keberadaan huruf di peralatan ini juga berbeda dengan mushaf. Karena itu sifat dibacanya menjadi tidak ada karena berupa gelombang yang terdiri dari huruf dan gambar.

Dan gambar ini akan muncul saat diminta dan akan hilang ketika mati. Oleh karena itu diperbolehkan untuk menyentuh kaset atau smartphone yang didalamnya terdapat rekaman Al-Quran atau aplikasi Al-quran meski tanpa berwudhu sekalipun.

KESIMPULAN.

Dengan demikian, membaca Al Quran di HP dibolehkan walaupun tanpa wudhu dan menutup aurat, namun kadar pahalanya berbeda.

Wallahualam

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.