Hukum Membaca Al Quran di HP Tanpa Wudhu, Bolehkah?

Apa hukum membaca Al quran di hp tanpa wudhu. Pertanyaan ini semakin kesini semakin banyak yang menanyakan. Dikarenakan teknologi semaking berkembang dengan cepat. Kemunculan Aplikasi Al Quran menjadi solusi untuk membaca Al quran dengan mudah. Namun terkadang yang menjadi kendala adalah apakah membaca al quran di hp tanpa wudhu dibolehkan?

Tak jarang orang yang membaca Al quran di hp tanpa menutup aurat dan juga tanpa wudhu. Memegang gadget sama saja dengan memegang pelapis Al Quran dan itu dibolehkan. Lalu apakah membaca Al Quran di HP tanpa wudhu di perbolehkan?

Hukum Membaca Al Quran di HP Tanpa Wudhu

Pada dasarnya membaca Al Quran dengan menyentuh mushaf Al Quran haruslah dalam keadaan suci dari hadats dan najis. Maka mayoritas ulama sepakat melarang orang yang berhadas untuk memegang mushaf baik untuk dibaca maupun untuk tujuan lainnya.

Membaca Al quran di hp tanpa wudhu

Namun [su_highlight background=”#07bd57″ color=”#ffffff”]sebagian ulama membolehkan[/su_highlight] membaca Al Quran baik dengan hafalan atau membaca Al quran di hp tanpa wudhu terlebih dahulu. Hal itu berdasarkan hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masuk ke kamar kecil lalu menyelesaikan hajatnya. Kemudian beliau keluar dan makan roti dan daging bersama kami, beliau juga membaca Al-Quran. Tidak ada yang menghalanginya Sallallahu Alaihi Wasallam (boleh jadi berkata: tidak menghalanginya) dari membaca Al-Quran kecuali junub.” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

Baca juga : Hukum Membaca Al Quran di HP Saat Haid Bagi Wanita

Alasan lainya yang membolehkan membaca Al-Quran dari aplikasi handphone tanpa wudhu adalah karena sifat handphone berbeda dengan mushaf.  Handphone atau barang elektronik lain seperti tablet dan laptop adalah media yang dipakai untuk media belajar Al-Quran. Peraturanya tentu berbeda dengan mushaf.

Disamping itu keberadaan huruf di peralatan ini juga berbeda dengan mushaf. Karena itu sifat dibacanya menjadi tidak ada karena berupa gelombang yang terdiri dari huruf dan gambar. Dan gambar ini akan muncul saat diminta dan akan hilang ketika mati. Oleh karena itu diperbolehkan untuk menyentuh kaset atau smartphone yang didalamnya terdapat rekaman Al-Quran atau aplikasi Al-quran meski tanpa berwudhu sekalipun. Wallahualam

Demikian pembahasan kali ini tentang hukum membaca al quran di hp tanpa wudhu. Semoga Anda mendapatkan ilmu pengetahuan baru saat membaca ini. Nantikan artikel lainya yang isnya’allah bisa bermanfaat untuk kebutuhan sehari hari Anda.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID