Hukum Membaca Al Quran di HP Saat Haid Bagi Wanita

Hukum membaca Al quran di hp saat haid bagi wanita. Pada postingan sebelumnya sudah saya singgung mengenai membaca al quran di aplikasi hp apakah mendapatkan pahala atau tidak. Dan sekarang akan saya bahas lagi khususnya buat kaum wanita.

Apakah membaca Al quran di hp tanpa wudhu dan tanpa menutup aurat di bolehkan? Lalu bagaimana hukum membaca al quran di hp saat haid bagi wanita? Apakah sama hukum menyentuh mushaf Al-Quran dan aplikasi Al Quran. Wanita haid dilarang membaca mushaf Al Quran. Apakah larangan ini juga termasuk larangan membaca Al-Quran dari aplikasi gadget.

Hukum Membaca Al Quran di HP Saat Haid

Pada prinsipnya membaca Al-Quran dengan mushaf harus dalam keadaan suci. Berdasarkan firman Allah.:

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” (Al-Quran surah Al-Waqi’ah ayat 79)

Hukum membaca al quran di hp saat haid

Maksudnya orang-orang yang suci dari semua hadas, najis dan sirih. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga menegaskan dalam sabdanya.:

“Tidak boleh menyentuh Al-Quran kecuali orang yang dalam kondisi suci.”(Murwatha’ Imam Malik)

Baca juga : Membaca Al Quran Di Hp Apakah Mendapakatkan Pahala?

Berdasarkan hadis ini mayoritas ulama sepakat tidak boleh bagi wanita haid membaca, memegang dan menyentuh mushaf Al-Qur’an. Namun mazhab Maliki, Ibnu Taimiyah dan Imam Syaukani membolehkan bagi yang memiliki hafalan Al-Quran atau pengajar Al Quran atau yang belajar Al-quran. Karena bagi penghafal Al-Quran jika tidak mengulangi hafalannya dihawatirkan hafalannya hilang.

 Adapun wanita haid membaca Al-Quran di hp sebagian ulama membolehkan . Karena jika ulama membolehkan wanita haid membaca Al-qur’an tanpa menyentuh mushaf langsung. Maka membaca Al-Qur’an di aplikasi gadget termasuk yang dibolehkan.

Baca juga : Adab Membaca Al Quran Bagi Wanita

Perlu diingat bahwa membaca Al Quran lebih baik dari mushaf langsung. Karena pahala yang didapat semakin banyak ketimbang via hp. Namun jika Anda dalam kondisi tidak membawa mushaf Al Quran dikarenakan sedang berpergian dan sebagainya. Maka hal ini di perbolehkan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang hukum membaca Al quran di hp saat haid bagi wanita yang bisa saya bagikan di blog ini. Nantikan artikel lainya tentang informasi terkini agama Islam. Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa menginspirasi untuk kehidupan sehari hari.