Membaca Al-Quran Di HP Apakah Mendapatkan Pahala?

Membaca Al Quran di hp apakah mendapatkan pahala.? Di zaman yang serba digital ini banyak masyarakat yang mengunduh aplikasi Al-Quran untuk dibaca. Cara ini lebih efektif dibanding membawa mushaf Al-Quran. Lalu apakah membaca Al-Quran dari aplikasi itu sama dengan membaca langsung ke mushaf ?

Allah berfirman dalam surah al-baqarah ayat 185:

“Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu .” (QS. Al Baqarah 185)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Mudahkanlah, Janganlah mempersulit dan membuat manusia lari (dari kebenaran) dan saling membantulah (dalam melaksanakan tugas) dan jangan berselisih.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Membaca al quran di hp

Artinya kita diperbolehkan beribadah kepada Allah dengan sarana  yang lebih mudah. Dalam hal ini membaca Al-quran orang lebih mudah melihatnya di HP. Karena lebih mudah dibawa kemana-mana. Akan tetapi apakah pahalanya sama dengan membaca Al-Quran di mushaf biasa.?

Membaca Al-Quran Di HP Apakah Mendapatkan Pahala?

Dalam sebuah hadits diungkapkan tentang pahala membaca Al-Quran. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda.:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran. Maka dia akan mendapatkan pahala berupa satu kebaikan dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Dan Saya tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim satu huruf tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (Hadis Riwayat At Tirmidzi dan Al-Darimy)

Baca juga : Membaca Al Quran Dengan Huruf Latin, Bolehkah?

Perlu dipahami bahwa kata qara’a yang artinya membaca maknanya mengikuti kalimat-kalimat dalam kitab yang dibaca dengan melihat dan mengucapkannya. Sehingga membaca ayat dalam Al-Quran maksudnya adalah mengucapkan lafadz nya dengan cara melihat tulisannya atau dengan hafalan.

Jadi membaca Al-Quran yang dikategorikan akan mendapat pahala sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah adalah dengan mengucapkannya. Yang sekiranya si pembaca bisa mendengar suaranya sendiri baik itu membaca dengan melihat mushaf atau lewat HP dan lain sebagainya.

 Artinya pahala membaca melalui mushaf dan aplikasi sama saja . Namun ada ulama yang menjelaskan bahwa ada perbedaan pahala. Ketika seseorang membacanya dengan hafalan. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.:

“Bacaan Al-Quran dari seseorang dengan tanpa melihat mushaf adalah 1000 derajat dan bacaan Al-Quran dengan melihat mushaf akan dilipatgandakan menjadi 2000 derajat.” (Hadits Riwayat Baihaqi )

Baca juga : Adab Membaca Al Quran Bagi Wanita

Imam An-Nawawi menjelaskan membaca Al-Quran dari mushaf lebih baik ketimbang dari hafalan. Ini adalah pendapat sahabat-sahabat kami. Pendapat ini mashur dari para Salaf tapi tidaklah mutlak bahkan jika seseorang membaca dari hafalannya menjadi lebih menghayati, memikirkannya, menghimpunkan nya dalam hati dan mata. Maka membaca dari hafalan lebih baik. Jika kedua-duanya sama maka dari mushaf lebih baik. Namun ada pula ulama yang mengatakan bahwa yang lebih utama membaca Al-Quran adalah dari hafalan.

Itulah penjelasan mengenai membaca Al-Qur’an di hp apakah mendapatkan pahala atau tidak. Pada intinya  membaca Al-Quran menggunakan aplikasi sama saja dengan membaca langsung di mushaf.Tapi lebih diutamakan membaca langsung dengan mushaf Al-Quran. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk Anda.