7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Mengagumkan

Keutamaan sholat dhuha. Sholat dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu duha yaitu waktu saat matahari mulai beranjak naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (diperkirakan jam 7 pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah rakaat sholat dhuha yaitu 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Perlu Anda ketahui bahwa keutamaan sholat dhuha ini sangatlah mengagumkan.

Tidak hanya keutamaan sholat dhuha saja, namun manfaatnya juga sangat luar biasa. Manfaat atau faedah sholat dhuha yang ddi dapat dan dirasakan oleh orang muslim yang melaksanakan sholat dhuha yaitu dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rezeki. Tidak hanya itu, shalat dhuha juga berguna untuk menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari dan juga untuk kecantikan wajah. Dan berikut beberapa keutamaan sholat dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha Yang Mengagumkan

Terdapat 7 keutamaan dhuha yang perlu Anda ketahui. Dan semoga setelah membaca ini Anda langsung mempraktekanya dirumah. Dan menjadikan sholat duha sebagai rutinitas sehari hari, seperti yang dilakukan oleh  Rasulullah.

Keutamaan sholat dhuha

1. Shalat dhuha merupakan salah satu wasiat Nabi.

Seperti yang dijabarkan didalam hadist yaitu bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam mewasiatkan sholat dhuha. Tidak hanya itu, beliau juga berpesan kepada kita untuk melakukan puasa 4 hari setiap bulan dan shoalt witir sebelum tidur.

Baca juga : Doa Sholat Dhuha Lengkap

Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu Anhu mengatakan:

“Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku tiga hal: Puasa tiga hari setiap bulan, Sholat Dhuha 2 rakaat dan shalat witir sebelum tidur.” (Hadist Riwayat Bukhari)

2. Mengganti sedekah dengan seluruh persendian.

Keutamaan sholat dhuha yang beruikutnya yaitu sebagai sedekah. Tidak semua orang mampu dalam melakukan sedekah. Faktor ekonomi yang menjadikan seorang muslim sulit untuk melakukan sedekah. Namun ada sedekah selain uang yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mengerjakan sholat dhuha. Karena sholat dhuha memiliki keutamaan sebagai pengganti sedekah.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Pada pagi hari seluruh persendian kalian harus disedekahi, setiap bacaan tasbih atau Subhanallah bisa sebagai sedekah. Setiap bacaan Tahmid atau Alhamdulillah bisa sebagai sedekah. Setiap bacaan tahlil atau Lailahaillallah bisa sebagai sedekah. Dan setiap bacaan Takbir atau Allahuakbar bisa sebagai sedekah. Begitu pula Amar Ma’ruf atau (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa diwakili dengan melaksanakan salat duha 2 rokaat.” (Hadits Riwayat Muslim)

3.  Sholat Dhuha merupakan kebiasaan orang yang suka bertobat.

Taubat merupakan kembali taat kepada Allah s.w.t dan menyesal atas perbuatannya dengan bersungguh-sungguh. Baik itu melakukan dosa besar maupun kecil. Menghapus dosa ada berbagai macam cara, bisa juga mengucap istighfar dan juga melakukan sholat duha.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Sholatnya orang orang yang suka bertobat adalah shalat pada saat anak unta kepanasan karena terik matahari.” (Hadits Riwayat Muslim)

Baca juga : 7 Keutamaan Istighfar

4. Jaminan dipenuhi kebutuhan di sore harinya.

Keutamaan sholat dhuha yang ke empat adalah dipenuhi kebutuhan di akhir siang. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa sholat dhuha merupakan sholat pembuka rezeki. Kita wajib mempercayainya, karena ada hadist yang membicarakan tentang ini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Allah ta’ala berfirman yang artinya :

‘’Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan 4 rokaat sholat di awal siang atau di waktu Dhuha maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (Hadits riwayat Ahmad)

5. Mendapat pahala seperti orang yang haji dan umroh.

Seperti yang kita ketahui bahwa haji merupakan rukun islam yang ke 5. Tidak semua orang mampu untuk berangkat ke Mekah untuk melaksanakan Haji. Begitu juga dengan Umrah. Namun, Allah mempermudah kita untuk mendapatkan pahala sebesar pahala Haji dan Umrah.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Barang siapa yang melaksanakan salat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berzikir pada Allah hingga matahari terbit. Kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Beliaupun bersabda: ‘pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna.” (Hadits riwayat Tirmidzi)

6. Sholatnya para awwabin (orang yang kembali taat)

Awwabin merupakan satu jenis shalat Sunnah. Awwabin sendiri berasal dari bahasa arab yang memiliki arti (orang yang sering bertaubat). Ada perbedaan pendapat mengenai sholat sunah ini dikalangan para ulama. Ada yang mengatakan bahwa salat awwabin dikerjakan antara waktu maghrib dan isya, sementara yang lain berpendapat sholat awwabin adalah nama lain dari salat dhuha.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Tidaklah menjaga sholat sunnah Dhuha melahirkan Awwab atau orang yang kembali taat. Inilah sholat Awwabin.” (Hadis riwayat Ibnu Khuzaimah)

7. Mendapat pahala seperti orang yang mendapat banyak harta rampasan perang.

Keutamaan sholat dhuha yang terakhir yaitu mendapat pahala seperti orang yang mendapat banyak harta rampasan perang. Tidak di sangka bahwa pahala melakukan sholat sunah ini sangat mengagumkan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan hanya melakukan sholat sunah duha. Tentu dengan niat hati yang ikhlas dan tulus mengharap ridho Allah.

Baca juga : Waktu Sholat Dhuha Jam Berapa?

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengutus sekelompok pasukan perang. Kemudian utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat. Para sahabat berkomentar ‘wahai Rasulullah, kami tidak pernah melihat pasukan yang lebih cepat pulang dan lebih banyak membawa Ghanimah melebihi utusan ini.

Kemudian beliau menjawab: “Maukah aku sampaikan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa harta rampasan perang? Yaitu seseorang berwudhu dengan sempurna di rumahnya. Kemudian pergi ke masjid dan melaksanakan salat subuh. Kemudian tetap di masjid dan diakhiri dengan Sholat Dhuha. Maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak harta rampasan perangnya.” (Hadits riwayat Abu Ya’la)

Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu Istiqomah menjalankan ibadah sholat dhuha. Demikian pembahasan kita kali ini tentang keutamaan sholat dhuha. Setidaknya dengan membaca ini kita mau melakukan sholat dhuha 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat atau bisa juga hingga 12 rakaat.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID