Bacaan Sholat Dhuha Selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam, Bolehkah?

Bacaan sholat dhuha selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam bolehkah membaca surat atau ayat lain? Apakah pertanyaan seperti ini yang membuat Anda bingung untuk melaksanakan sholat dhuha. Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu dhuha yaitu waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur. Jumlah rakaat salat duha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.  Dan dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Seperti yang tertera di dalam hadis yang menyebutkan bahwa orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha akan mendapatkan istana di surga. Lalu bagaimana dengan anggapan bahwa orang yang ingin mengerjakan shalat dhuha harus membaca Surah Ad Dhuha dan Asy Syams. Benarkah hafalan kedua surat tersebut menjadi bagian dari rukun shalat dhuha. Bolehkah sholat dhuha membaca surat lain yang dihafal. Berikut ini pembahasan lengkapnya

Bolehkah Membaca Bacaan Sholat Dhuha Selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam?

Pendapat yang menyatakan mengerjakan shalat dhuha harus membaca surat Asy Syams dan Ad Dhuha berasal dari sebuah hadits yang berbunyi.;

“Sholatlah 2 rokaat Dhuha dengan membaca surat Dhuha yaitu surat Wasyamsi waduhaha dan surat Ad Dhuha.”

bacaan sholat dhuha selain ad-dhuha dan asy-syam
Sumber gambar :en.wikipedia.org

Ibnu Hajar Asqalani dalam kitab Fathul Bari mengutip hadits ini berdasarkan riwayat Ad-dailami dan Ar-Ruyani. Menyatakan ada kesesuaian antara isi surat As Syams dan Ad Dhuha dengan sholat yang dikerjakan. Namun beberapa ulama ahli hadits termasuk Imam Ibnu Hibban menyatakan bahwa hadis tersebut derajatnya lemah. Sehingga  tidak ada anjuran atau kewajiban membaca surah As Syams dan Ad Dhuha di saat sholat dhuha  baik itu pada rokaat pertama maupun kedua.

Syekh Ibnu Baz menjelaskan disunnahkan untuk membaca surat yang mudah dan dihafal setelah membaca surah Al-Fatihah. Dalam sholat dhuha tidak ada ketentuan membaca surah tertentu karena yang wajib hanya Al-Fatihah. Dan surah tambahannya merupakan sunnah.

Baca juga : Tidak Hafal Bacaan Sholat, Apa Hukum Sholatnya Sah?

Jika setelah Al Fatihah membaca surat Asy Syamsi, Ad-Dhuha, Al Insyirah dan surat-surat yang lainnya maka itu adalah sebuah perkara yang baik. Mengenai bacaan sholat dhuha, tidak ada keterangan dari Rasulullah SAW mengenai surat tertentu yang wajib dibaca ketika sholat Dhuha. Kita diperbolehkan membaca surat ayat lain sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.

Allah berfirman,

“ …Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran …” (Q.S. Al-Muzzammil  ayat 20)

Nah, itulah yang bisa saya sampaikan mengenai hukum membaca bacaan sholat dhuha selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam. Semua sudah jelas bahwa membaca surat lain ketika sholat dhuha adalah boleh. Semoga dari pembahasan ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.