Bolehkah Sholat Dhuha Berjamaah, Apa Hukumnya?

Assalamualaikum sobat Hafizi Azmi. Bolehkah sholat dhuha berjamaah, apa hukumnya?

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu duha.

Waktu duha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur.

Sholat dhuha berjamaah bolehkah

Manfaat atau keutamaan sholat dhuha ini juga sangat besar sekali. Namun banyak juga yang tidak menghiraukan keutamaan dari sholat dhuha ini.

Padahal jika dilakukan dengan rutin, Allah akan menjanjikan kenikmatan yang indah kepada orang yang gemar melakukan sholat dhuha.

Sobat Hafizi Azmi, ada fenomena yang dilakukan sebagian masyarakat terkait dengan sholat duha.

Ada yang melakukan shalat dhuha secara berjamaah ada juga misalnya beberapa sekolah atau lembaga pendidikan menyelenggarakan sholat dhuha berjamaah dengan alasan untuk mendidik dan membiasakan anak didik melakukan shalat duha.

Masalahnya, apakah shalat dhuha berjamaah boleh dilakukan dan dibenarkan dalam Syariat agama? Berikut ini Hafizi Azmi terangkan dengan sebenar benarnya.

Shalat duha sama seperti shalat sunah lainnya. Pada prinsipnya memang lebih baik dilakukan sendiri sesuai sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ

“Hendaklah kalian manusia melaksanakan shalat (sunnah) di rumah kalian, karena sebaik-baik shalat adalah salat seseorang di rumahnya kecuali shalat wajib.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Namun ada pula beberapa sholat sunnah yang disuruh pelaksanaannya secara berjamaah di antaranya:

  • Sholat ied,
  • Sholat gerhana,
  • Sholat minta hujan,
  • Sholat tarawih.

Meskipun demikian, juga bukan berarti melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah sesuatu yang dilarang.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam juga pernah Sholat Dhuha di rumahnya kemudian diikuti oleh para sahabat dan beliau tidak melarang para sahabatnya.

Baca juga : Bacaan Sholat Dhuha Selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam, Bolehkah?

Dalam hadits riwayat Imam Ahmad dari Itban bin Malik, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah sholat dhuha di rumahnya lalu para sahabat berada di belakang beliau. Lalu mereka mengikuti shalat yang beliau lakukan.

Apalagi, jika Sholat Dhuha berjamaah tersebut dilakukan untuk tujuan mengajarkan orang lain maka tentu saja hal ini boleh dilakukan, bahkan menurut Imam Ibnu Hajar justru lebih baik berjamaah.

Karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits tersebut juga terdapat unsur pengajaran kepada para sahabatnya. Wallahualam

Nah, itulah jawaban tentang “bolehkah sholat dhuha berjamaah” sesuai dengan petunjuk dari Rasulullah. Semoga menginspirasi dan menjadi motivasi anda hari ini.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID