Kumpulan Doa Sholat Dhuha yang Biasa Dibaca Nabi Untuk Memperlancar Rejeki

Doa Sholat Dhuha – Setelah sholat dhuha selesai, kita pasti memanjatkan doa kepada Allah sesuai apa yang kita inginkan. Tak sedikit yang memohon untuk kelancaran rezeki, kesehatan, ampunan dosa dan lainya. Tentu saja kita mengharapkan doa yang kita panjatkan di dengar dan dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah 2 rokaat yang memiliki keutamaan dan pahala yang menggiurkan. Bahkan Allah menjanjikan sebuah Istana di Surga bagi orang yang rajin melaksanakan sholat dhuha. Setelah sholat dhuha sebaiknya kita membaca doa sholat dhuha yang shahih atau yang Rasulullah ajarkan.

Doa setelah sholat dhuha yang saya tulis dibawah tidak diwajibkan untuk dibaca. Namun ada baiknya kita membaca doa tersebut, karena keutamaan dari doa ini sangat besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat dhuha sering dikenal dengan sholat pembuka rezeki. Lalu doa seperti apa yang harus dipanjatkan ketika usai sholat.

Doa sholat dhuha

Doa Sholat Dhuha Tulisan Arab dan Artinya

Secara umum tidak ada riwayat khusus dari Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam terkait doa khusus setelah sholat Dhuha. Berikut ini kumpulan doa sholat dhuha yang shahih yang bisa Anda amalkan dirumah.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Allahumma innadhuha dhuha-uka, wal bahaa baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.”

Artinya :

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

Namun doa ini diyakini bukanlah hadits Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam. Sebagian ulama menilai bahwa redaksi doa tersebut masyhur di Arab dan tidak jelas juga siapa yang memulai.

Tapi secara isi tidak ada masalah dengan redaksi doa tersebut. Sehingga jika ingin dipakai sebagai doa setelah sholat sunnah Dhuha juga diperbolehkan.

Baca juga : Bacaan Sholat Dhuha Selain Ad-Dhuha dan Asy-Syam, Bolehkah?

Namun jika ingin meniru doa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam terutama dalam kaitanya dengan kelapangan rezeki. Maka ada banyak doa yang bisa dipancarkan.

Dalam kitab Al Adzkar karangan Imam An-nawawi disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam setiap selesai sholat selalu berdoa :

Adapun beberapa riwayat lain yang menyebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam setiap selesai sholat selalu membaca doa sholat dhuha berikut ini.

اَللهُمَّ اِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ اْلكُفْرِ وَاْلفَقْرِ وَعَذَابِ اْلقَبْرِ

“Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri wa adabil qobri”

 “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari kekufuran dan kefakiran (harta) dan dari siksa kubur”

Selain itu ada pula riwayat lain dari Ummuh Salamah Radiallahu Anha bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam setiap selesai sholat subuh sering berdoa.:

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا, وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا وَرِزْقًا طَيِّبَا

“Allahumma inni as’aluka ilman naafi’an wa amalan mutaqabbalan wa rizqon toyyiba”

“Ya Allah aku mohon kepadamu diberikan ilmu yang bermanfaat dan diterimanya segala amal kebaikan serta rejeki yang baik”

Adapun dari riwayat lain dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“Allahummaq firli watub alayya, innaka antat tawwabur rahim.”

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.

Jadi tidak ada doa khusus yang wajib dipanjatkan setelah sholat Dhuha asalkan doa tersebut bermakna baik. Maka tidak mengapa untuk dipanjatkan. Wallahu a’lam bishowab

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai doa sholat dhuha. Semoga dengan artikel ini bisa menjadikan inspirasi untuk Anda yang mencari doa setelah sholat dhuha.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.