Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud – Mungkin Anda akan terpukau dengan keajaiban dan keutamaan sholat tahajud atau sholat malam ini. Pada artikel ini saya juga berikan testimoni atau bukti orang yang mendapatkan keutamaan setelah melakukan ibadah sholat tahajud ini.

Sholat tahajud adalah sholat malam yang di kerjakan secara sunah dan sedikitnya 2 rokaat. Sholat tahajud dilakukan disepertiga malam dan tidak ada batasan rokaat.

Manfaat sholat tahajud

Adapun perintah melaksanakan sholat tahajud sebagai berikut.

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

“Dan pada sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Al Quran surah Al-Israa’ [17] Ayat 79)

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ

Loading...

“Sholat yang paling utama setelah shalat wajib adalah sholat yang dilakukan di malam hari.”

Sulitnya mengerjakan ibadah malam ini, namun Allah telah menjanjikan kepada orang yang rajin mengerjakan sholat tahajud dengan ikhlas. Berikut ini manfaat sholat tahajud.

Keutamaan Sholat Tahajud

Mengerjakan suatu ibadah hendaknya dilakukan dengan ikhlas untuk mengharapkan ridho Allah semata. Dan di bawah ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin dan ikhlas melaksanakan tahajud.

1. Wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan

Memiliki wajah yang cerah adalah dambaan bagi setiap remaja. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah yang bagus. Namun, harus anda ketaui bahwa dengan rutin melaksanakan sholat tahajud dengan benar anda akan mendapatkan manfaat sholat tahajud bagi wajah.

Mengenai hal ini, Ibnu Qayyim pernah berkata:

“Sesungguhnya sholat malam dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan mempercantinya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan sholat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Sholat malam itu dapat mempercantik wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus”.

2. Dikabulkanya doa-doa

Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah dapat dikabulkanya doa-doa. Kita diwajibkan tak henti untuk memanjatkan doa kepada Allah subhanahu wata’ala.

Sama halnya dengan keutamaan istighfar, sholat tahajud juga bisa membuat doa kita mudah di kabulkan oleh Allah.

Perlu anda ketahui bahwa waktu mustajab untuk berdoa yaitu di sepertiga malam setelah sholat tahajud.

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

“Dan sebutlah nama Robb-mu pada (waktu) pagi dan malam. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [Al-Insaan/76: 25-26].

3. Mendapatkan tempat terpuji dan diangkat derajatnya oleh Allah

Manfaat sholat tahajud antara lain dapat diangkat derajatnya disisi Allah dan akan mendapatkan tempat terpuji. Sesuai dengan isi kandungan yang terdapat di Al Quran surah Al-israa’ ayat 79.

4. Mendapat kenikmatan dari Allah

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Robb-nya dengan rasa takut dan harap cemas , dan mereka menafkah-kan sebagian dari rezeki yang Kami berikan ke-pada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” [As-Sajdah/32: 16-17]

Sebuah kenikmatan yang akan kita dapatkan ketika mengerjakan sholat tahajud dengan ikhlas.

5. Manfaat lainya..

Yaitu akan dijauhkan segala macam bahaya oleh Allah, akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari temanya, dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah yang bercahaya, diberi kitab amalnya ditangan kanannya, dimudahkan hisabnya, berjalan di atas shirat (jembatan) bagaikan kilat.

[BUKTI] Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kesehatan

Di samping manfaat rohani luar biasa, sholat malam memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Manfaat sholat malam telah dibuktikan oleh salah seorang peneliti bahwa sholat tahajud terkait dengan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dapat menghindarkan seseorang dari serangan infeksi penyakit kanker, menumbuhkan respon ketahanan tubuh serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Penelitian ini menggunakan 41 responden siswa SMP sebuah pondok pesantren di Surabaya. Mereka diperintahkan untuk sholat tahajud setiap hari tapi sebelumnya darah mereka diperiksa terlebih dahulu untuk melihat kadar hormon kortisol di dalam darah mereka. Hormon kortisol sangat dipengaruhi oleh tingkat stres seseorang.

Selanjutnya mereka melaksanakan tahajud setiap malam dari 41 siswa itu hanya 19 siswa yang bertahan sholat selama 2 tahun.

Sholat malam dimulai sejak pukul 02.00 hingga pukul 03.00 dini hari sebanyak 11 rokaat. Kemudian darah mereka diambil lagi untuk mengukur kadar hormon kortisol mereka.

Apa yang terjadi? kandungan darah para siswa yang sholat tahajud dengan rutin dan ikhlas berbeda dengan siswa yang tidak melaksanakan sholat tahajud. Mereka yang melaksanakan sholat tahajud memiliki kadar hormon kortisol yang seimbang.

Hal ini menandakan bahwa mereka memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan kemampuan individu yang tangguh. Sehingga mampu menanggulangi masalah masalah sulit dengan lebih stabil.

Hormon kortisol adalah salah satu hormon yang berhubungan langsung dengan kondisi stres. Kadar hormon ini semakin meninggi ketika kita dalam keadaan stress dengan kadar hormon yang meninggi.

Kita akan lebih mudah berbuat salah, sulit berkonsentrasi dan daya ingat kurang baik. Hormon ini oleh para pakar kesehatan dijadikan tolak ukur untuk tingkat stres seseorang. Makin stress seseorang maka semakin tinggi kadar hormon kortisol dalam darahnya.

Hormon kortisol memiliki kadar tertinggi di waktu tengah malam hingga waktu pagi. Dengan sholat tahajud yang dilakukan secara rutin, ikhlas dan khusuk dengan izin Allah akan mampu menciptakan mental serta tubuh yang tangguh.

Juga akan lebih mudah memiliki persepsi serta motivasi yang positif sehingga saat menghadapi cobaan tidak mudah stres.

Bangun malam dapat menjadikan tubuh terasa bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung di usia tua. Salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang yang terbiasa sholat malam relatif lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung daripada orang yang tidak sholat malam.

Demikian pembahasan mengenai manfaat sholat tahajud ini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Berikan Nilai Anda

Share:

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.