Destinasi Wisata Bawah Tanah di Dunia Paling Instagramable

Hafiziazmi.com, Wisata bawah tanah – Mengisi waktu liburan bisa dilakukan dengan berwisata ke berbagai destinasi menarik. Beberapa memilih mengunjungi taman hiburan dengan berbagai wahana permainan menyenangkan dan menegangkan. Ada pula yang memilih mengunjungi teater atau sekedar mencuci mata di mall.

Tapi tahukah Anda, ternyata keseruan berwisata juga bisa kita rasakan di bawah tanah loh, seperti di beberapa lokasi berikut. Bayangkan, bagaimana Anda bermain trampolin raksasa atau flying fox di bawah tanah, menaiki bianglala sampai menyaksikan pertunjukan seni.

Tempat Wisata Bawah Tanah Paling Populer

Seperti apa keseruannya berlibur di bawah tanah? Inilah daftar wisata di bawah tanah paling instagramable di dunia

1. Llechwedd Slate Caverns, Wales

sumber: www.itv.com

Anda pernah bermain trampolin? Di wisata bawah tanah ini sensasi bermain trampolin akan naik tingkat karena berada di dalam tanah. Inilah trampolin raksasa di wisata Llechwedd Slate Caverns, Wales.

Gua bekas tambang ini memiliki 3 trampolin raksasa bernama “Bounce Below” menggantung di ketinggian 54 m wahananya saat menguji adrenalin. Ketiga trampolin di kelilingi cahaya warna-warni dari neon yang membuatnya bagai sarang laba-laba raksasa nan indah.

Tak hanya itu, di area gua bawah tanah yang sangat besar dan luas ini terdapat wahana flying fox di bawah tanah. Kita dapat merasakan sensasi terbang di dalam gua. Indahnya lampu warna-warni di sekitar membuat suasana bawah tanah tidak terasa menyeramkan.

2. Taman rekreasi bawah tanah Salina Turda, Romania

Sumber: travelingyuk.com

Lazimnya taman rekreasi berada di area luas dan terbuka, namun tidak di Salina Turda, Transylvania Romania. Kesan menyeramkan gua bawah tanah rasanya hilang ketika melihat beberapa wahana rekreasi yang super asyik ini.

Lokasi taman rekreasi tak biasa ini berada di bekas tambang garam dalam 122 meter yang dahulu pernah beroperasi hingga 900 tahun lamanya. Terdapat berbagai wahana mengasyikkan di dalamnya, salah satu wahana andalannya adalah bianglala setinggi 20 m.

Bianglala bahwa tanah ini memiliki 6 kabin, berkapasitas 8 orang. Selain bianglala, ada lapangan golf mini, arena boling, biliar, aksi teater, museum hingga danau buatan. Di danau buatan ini di sediakan perahu yang akan membuat para wisatawan berkeliling.

Berkunjung ke Salina Turda membuat lupa kalau kita sedang berada di dalam perut bumi.

3. Temples of Humankind, Italia

Di kaki pegunungan Alpen, terdapat beberapa Kuil yang dipersembahkan untuk semangat kemanusiaan. Berdiri 30 m di bawah tanah, kuil ini dibangun secara diam-diam selama 15 tahun, berapa orang menyebutnya kuil tersembunyi.

Temples of humankind dibangun secara rahasia oleh sekelompok orang di bawah pimpinan Oberto Airaudi pada 1978. Sekitar 15 orang membangun kuil bawah tanah dengan alat seadanya.

Pada 1992, keberadaan kuil ini sempat menimbulkan kontroversi, ketika pemerintah setempat menerima surat tentang adanya kuil tersembunyi. Tak merasa memberikan izin pembangunan di bukit tersebut, akhirnya ditemukan dan diselidiki hingga dapat dibuka untuk umum.

Dalam kuil tersebut terdapat kubah berukuran sekitar 8 meter dan tiang-tiang yang diukir menyerupai bentuk manusia. Langit-langit ruangan terbuat dari kaca penuh warna.

Terdapat beberapa ruangan bertema khusus, tiang-tiangnya ditutupi oleh daun-daun emas. Dinding dan langit-langit berhiaskan mural, mozaik dan kristal.

Baca juga: Kampus angker di dunia

4. Wisata Bunk’Art, Albania

Wisata bawah tanah di dunia selanjutnya adalah Bunk’art, sebuah bungker nuklir yang kini menjadi museum di Tirana, Albania. Terdapat dua kawasan Bunk Art 1 dan 2. Dibuka pada November 2014, Bung Art 1 merupakan sebuah pameran video yang didedikasikan untuk menceritakan sejarah tentara Albania dan kehidupan sehari-hari warga Albania.

Sementara Bunk Art 2 yang dibuka pada November 2016, merekonstruksi sejarah kementerian dalam negeri Albania dari Tahun 1912-1991. Foto di museum ini menceritakan kisah tentang Albania memiliki diktator stalinis sampai tahun 80-an dan kekacauan di negara tersebut tahun 90-an.

Di sini pengunjung dapat mempelajari sejarah, sekaligus menikmati hasil seni yang sangat menarik.

5. Pertunjukan seni bawah tanah, The Vaults, London

Di London, The Vaults menjadi salah satu tempat wisata bawah tanah di dunia paling gaul. Pasalnya, di ruang bawah tanah di bawah Stasiun terdapat restoran, ruang galeri seni, teater dan area untuk pertunjukan seni lainnya.

Fakta mencengangkan dari tempat ini adalah dahulu The Vaults adalah bekas ruang jenazah. Menariknya di area seluas 1300 meter persegi ini setiap tahunnya diadakan festival The Vaults, sebuah festival yang selalu menjadi incaran wisatawan lokal dan mancanegara.

6. Gua Petruk, Kebumen, Indonesia

sumber gambar: travelingyuk.com

Gua Petruk adalah sebuah situs geologi yang terbentuk alami di Gombong Selatan yang terletak di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kenapa dinamakan Gua Petruk, karena awal mulanya terdapat batu yang menyerupai hidung Petruk. Petruk merupakan tokoh Ponokawan yang berbadan tinggi dengan hidung yang sangat mancung. Namun, batu tersebut sudah tidak ada karena ulah Belanda yang saat itu sedang melakukan penambangan phosfat.

Walaupun wisata Gua Petruk ini sudah lama ada, keindahan di dalam gua ini tak kalah menarik dengan wisata baru di Indonesia lainnya.

7. Gua Pindul Gunung Kidul, Indonesia

Gua Pindul juga termauk wisata bawah tanah di Indonesia yang paling direkomendasikan. Merupakan objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Wahana andalannya adalah cave tubing, yaitu menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua hingga akhir gua, terdapat juga bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.

Dari berbagai wisata bawah tanah diatas, wisata mana yang paling keren menurut kalian? Kalau menurut saya, salah satu destinasi wisata di Indonesia diatas layak untuk di kunjungi.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.