Sujud Tilawah: Definisi, Dalil, Cara Melakukan, dan Ayat Sajdah

Sujud Tilawah – Sajdah (سجدة) atau sujud (سجود) adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti perbuatan menempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki pada kondisi serentak di lantai dengan tujuan tertentu karena Allah pada waktu tertentu.

Sujud terbagi 5 jenis yaitu, sujud tilawah, sujud sahwi, sujud syukur, sujud saat sholat dan sujud para malaikat. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari materi agama Islam tentang pengertian sujud tilawah beserta sebab-sebab, cara melakukan sujud tilawah dan ayat bacaan sajdah (bacaan tilawah).

Ketika sujud, seorang Muslim diwajibkan membaca bacaan tertentu dalam perbuatannya itu. Pengertian sujud ini bisa samakan dengan kewajiban bersujud yang telah diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Pengertian Sujud Tilawah

Secara bahasa, kata tilawah memiliki arti bacaan. Adapun sujud tilawah, yaitu sujud yang dilakukan ketika seseorang membaca atau mendengar ayat sajdah.

Sujud tilawah dapat dilakukan ketika shalat maupur di luar shalat. Hukum melakukan sujud ini adalah sunah.

Di saat seseorang membaca atau mendengar ayat-ayat Al-Quran yang termasuk dalam kelompok ayat-ayat Sajdah (ada 15 tempat), maka pada saat itu di sunahkan baik pembaca dan pendengarnya untuk sujud dan dapat juga dilakukan dalam shalat yang dikenal dengan nama sujud sajadah.

Dalil Perintah

Adapun dalil atau hadis tentang pelaksanaan sujud tilawah, antara lain sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah bersabda:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ

“Apabila anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku menolak, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.” (Hadis Riwayat Muslim no. 81)

Dari Ibnu Abbas ra. mengatakan:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ المُسْلِمُوْنَ وَالمُشْرِكُوْنَ وَالجِنُّ وَالأِنْسُ

“Nabi pernah melakukan sujud tilawah ketika membaca surat An Najm, lalu kaum muslimin, orang-orang musyrik, jin dan manusia pun ikut sujud.” (HR. Bukhari)

Posisi yang paling dekat dengan hamba kepada Rabbnya ialah ketika ia bersujud, maka perbanyaklah do’a.

Cara Melakukan Sujud Tilawah

Sujud ini dilakukan ketika sedang membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajadah yang dibacakan oleh orang lain.

Dilakukan satu kali setelah selesai membaca ayat sajdah. Di dalam Al-Quran biasanya ayat sajdah diberi tanda ۩. Jika dilakukan dalam shalat maka harus membaca takbir ketika akan sujud, dan apabila di luar shalat tidak perlu takbir.

Adapun jika kita sedang shalat berjamaah kemudian imam membaca ayat sajadah, jika imam melakukan sujud tilawah maka kita harus mengikutinya. Akan tetapi, jika imam tidak melakukan maka makmum tidak boleh melakukannya sendiri.

إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا

“Sesungguhnya imam itu untuk diikuti. Jika imam bertakbir maka bertakbirlah. Jika imam sujud maka bersujudlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca materi lainnya: Pengertian Tasamuh

Ayat Sajdah (Bacaan tilawah)

Ayat sajadah adalah ayat yang di dalamnya terdapat perintah untuk bersujud, ditandai dengan simbol ۩. Berikut ini adalah ayat-ayat sajdah yang terdapat dalam Al-Quran.

  1. Pada akhir surah Al-A’raf [7] ayat 206
  2. Surah Ar-Ra’d [13] ayat 15
  3. Surah An-Nahl [16] ayat 50
  4. Surah Al-Isra’ [17] ayat 109
  5. Surah Maryam [19] ayat 58
  6. Surah Al-Hajj [22] ayat 18
  7. Surah Al-Hajj [22] ayat 77
  8. Surah Al-Furqan [25] ayat 60
  9. Surah An-Naml [27] ayat 26
  10. Surah As-Sajdah [32] ayat 15
  11. Surah Sad [38] ayat 24
  12. Surah Fussilat [41] ayat 38
  13. Surah An-Najm [53] ayat 62
  14. Surah Al-Insyiqaq [84] ayat 21
  15. Surah Al-Alaq [96] ayat 19

Hikmah

Hikmah yang dapat diambil oleh orang yang melaksanakan sujud sajadah sebagai berikut.

  • Sujud adalah wujud pengabdian secara umum meliputi makhluk, baik manusia maupun binatang sesuai dengan keharusan untuk bersujud hanya kepada Allah Swt. dan bukan kepada yang lain.
  • Allah menjanjikan surga kepada orang yang melaakukan sujud tilawah. Namun sujud ini dilakukan disertai ketakwaan kepada-Nya.
  • Orang yang melakukan tilawah akan dijauhi oleh setan.
  • Mendidik jiwa dengan cara amaliah yang dilakukan oleh setiap orang yang membaca atau mendengan bacaan Al-Quran.

Berikan Nilai Anda

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.