Pengertian Sujud Syukur Beserta Cara Melakukanya Lengkap

Assalamualaikum. Kali ini Hafizi Asmi akan memberikan materi pengertian sujud syukur dan cara melakukan sujud syukur dengan benar. Apakah sujud syukur harus menghadap ke kiblat? dan bagaimana dengan hukumnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mungkin dari pengertian Anda sudah mengetahuinya, namun apakah Anda telah melakukan sujud syukur dengan benar. Allah kelak akan menanyai kita tentang kenikmatan dunia, berupa makanan dan minuman yang nikmat kesehatan, kesempatan, tempat tinggal kendaraan, pakaian, merasa aman dan kenikmatan-kenikmatan lainnya.

ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

“Kemudian kamu pasti akan ditanyakan pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah megahkan di dunia itu).” (Q.S At-Takasur ayat 8)

Pengertian sujud syukur

Sobat Hafizi Azmi, Jadilah orang yang pandai bersyukur, yaitu bersyukur tidak hanya ketika ada kenikmatan yang besar saja, Namun kita syukuri segala sesuatu yang ada pada diri kita. Karena Sesungguhnya setiap detik yang kita lalui juga merupakan anugerah kenikmatan yang tak ternilai harganya.

Pengertian Sujud Syukur

Apa yang dimaksud dengan sujud syukur? Sujud merupakan posisi terdekat seorang hamba kepada Allah dan juga termasuk bentuk merendahkan diri dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Adapun Syukur adalah rasa Terima kasih yang ditunjukkan kepada Allah.

Sujud syukur, yaitu sujud yang dilakukan sebagai rasa terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hukum sujud syukur adalah sunnah. Adapun dalil tentang sujud syukur sebagai berikut:

“Dari Abu Bakrah sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam apabila mendapat sesuatu yang menyenangkan atau diberi kabar gembira segeralah tunduk sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.” (Hadis riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, dan At Tirmidzi)

Sebab-sebab dilakukan sujud syukur

1. Karena mendapatkan kenikmatan rezeki.

Disunahkan untuk melakukan sujud syukur apabila mendapat rezeki-rezeki yang tak terduga, seperti memperoleh ilmu pengetahuan, mendapatkan rezeki nomplok, memiliki buah hati dan lainya. Namun perlu anda perhatikan bahwa itu semua bisa saja menuju ke istidraj

2. Terhindar dari marabahaya.

Disunahkan melakukan sujud syukur apabila terhindar dari marabahaya yang membahayakan diri Anda, misalkan saja kita terhindar dari bencana alam, terhindar dari percobaan pembunuhan, dsb.

Cara melakukan sujud syukur

Bagaimana cara melakukan sujud syukur dengan benar. Apakah harus menghadap kiblat dan menggunakan sajadah. Sujud syukur merupakan sudut yang pelaksanaannya ada di luar salat. Jadi ketika kita mendapat kabar gembira, mendapat kenikmatan atau terhindar dari suatu bahaya, kita dapat melakukan sujud syukur secara langsung.

Melakukan sujud syukur hukumnya sunnah. Anda boleh melakukan ini jika tempat disekitar benar-benar bersih dari najis apapun.

Bahkan tanpa harus bersuci terlebih dahulu. Syukur dilakukan 1 kali tanpa memakai takbir. Ketika sujud disunahkan untuk menghadap kiblat.

Hikmah sujud syukur

Adapun hikmah dari sujud syukur diantaranya sebagai berikut:

1. Memperoleh tambahan nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala dan selamat dari siksa yang Pedih hal tersebut sesuai dengan firman Allah subhanahu wa taala dalam al-quran surat Ibrahim ayat 7 :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan ingatlah juga, tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.(Q.S Ibrahim ayat 7)”

2. Meningkatkan kesadaran manusia akan jati dirinya sebagai hamba Allah yang penuh kekurangan dan lemah, serta merupakan pengakuan bahwa di balik kehebatan manusia ada zat yang lebih berkuasa dalam menentukan segalanya.

Baca juga : Pengertian Zakat Fitrah (Fitri), Syarat dan Waktu Pelaksanaanya

3. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah dan perlindungan yang telah diberikan sehingga terhindar dari malapetaka.

4. Merasa lebih dekat dengan Allah subhanahu wa ta’ala sehingga dapat memperoleh bimbingan dan hidayah-Nya.

Nah itulah pengertian dari sujud syukur dan juga cara melakukan sujud syukur dengan benar.  semoga materi yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk anda untuk menambah rasa syukur kita kepada Allah.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID