Adab Membaca Al Quran Bagi Wanita, Wajib Menutup Aurat?

Adab membaca al quran bagi wanita – Membaca Alquran bagi sebagian wanita muslimah terkadang sering memunculkan pertanyaan terkait dengan kebiasaan yang berlaku di tanah air. Sebagian masyarakat meyakini membaca al-quran harus berpakaian rapi. Khususnya perempuan harus berjilbab dan menutup aurat dengan sempurna.

Adab membaca al quran bagi wanita akan saya bahas lengkap disini sesuai dengan sumber yang terpercaya. Untuk itu silahkan di simak baik baik tulisan berikut ini.

Adab Membaca Al Quran Bagi Wanita, Wajib Menutup Aurat?

Apakah memang ada kewajiban menutup aurat dengan sempurna bagi wanita untuk membaca Alquran.? Terkait dengan pertanyaan ini ulama kontemporer menjawab bahwa untuk membaca al-quran tidak ada persyaratan bagi wanita untuk menutup kepalanya. Karena tidak disyaratkan untuk menutup aurat ketika membaca al-quran. Berbeda dengan sholat, sholat seseorang bisa tidak sah kecuali dengan menutup aurat.

Adab membaca al quran bagi wanita

Pertanyaan semisal pernah diajukan kepada sih Profesor Doktor Ahmad Haji al-kurdi ia menjawab “jika tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa tindakan itu tidak mengandung unsur melecehkan atau tidak menghormati Alquran. Maka perbuatan semacam ini tidak dilarang meski demikian tetap tidak sesuai dengan adab yang harus dipatuhi saat membaca al-qur’an”

Perlu ditambahkan bahwa ketentuan ini tentunya hanya berlaku ketika sang wanita yang sedang membaca al-qur’an. Berada di ruang tertutup dan tidak terjangkau oleh pandangan laki-laki yang bukan mahram. Wallahuaklam.

Perlu diperhatikan orang yang membaca Alquran seolah sedang bermunajat atau berbisik-bisik dengan Allah. Oleh karena itu perlu memperhatikan tata krama, yaitu memasang niat ikhlas mengharapkan ridho Allah. Bukan untuk mencari dunia atau cari pujian. Mulut sebagai organ utama untuk membaca juga harus bersih. Badan dan pakaian juga harus suci, badan suci dari hadas dan najis sedang pakaian suci dari najis.

Selain tubuh yang suci tempat untuk membaca al-quran juga harus yang bersih. Oleh karena itu para ulama sangat menganjurkan membaca al-quran di masjid. Selama membaca al-quran juga dianjurkan menghadap kiblat dan duduk dalam keadaan sakinah dan penuh ketenangan. Selama membaca al-quran seseorang juga harus khusyuk dan berusaha untuk merenungkan setiap ayat yang dibaca.

Nah, itulah yang bisa saya rangkum mengenai adab membaca Al quran bagi wanita dan apakah harus menutup aurat jika ingin membaca al quran. Sekian postingan ini semoga Anda bisa paham akan hal ini terutama bagi wanita.