Golongan Orang Yang Diharamkan Masuk Neraka

Golongan orang yang diharamkan masuk neraka. Siapa pun tidak menginginkan masuk neraka. Meskipun menurut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam ada sebagian orang yang akan dicuci dosanya terlebih dahulu di neraka. Dan setelah terbayarkan barulah dibukakan pintu surga untuknya. Namun tidak sedikit pula orang-orang yang akan kekal selamanya di neraka. Tapi ternyata ada golongan yang diharamkan masuk ke dalam neraka. Siapakah mereka?

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu Anhu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka? Para sahabat berkata; “Mau, Wahai Rasulullah” beliau menjawab: “Yang haram tersentuh api neraka adalah orang yang hayyin, layyin, Qorib, Sahl.” (Hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishahihkan Al Albani)

Golongan orang yang diharamkan masuk neraka

Siapa Manusia atau Orang yang Diharamkan Masuk Neraka?

Menurut isi kandungan dari hadist diatas bahwa ada 4 golongan yang diharamkan masuk neraka yaitu hayyin, layyin,qorib, sahl. Lalu apa artinya golongan tersebut, apakah kita termasuk kedalam golongan tersebut? Berikut penjelasanya.

Baca juga : Jenazah Berat Pertanda Banyak Dosa, Benarkah?

1. Golongan Hayyin.

Golongan yang diharamkan masuk neraka adalah hayyin. Apa itu hayyin. hayyin artinya tenang, tidak mudah panik dan santai. sifat hayyin membuat seseorang tidak mudah marah atau emosi. Jika ada suatu permasalahan dia akan bertabayyun terlebih dahulu. Tidak terburu-buru dalam menyimpulkan atau menghakimi. Serta tidak mudah terprovokasi.

Apakah Anda pernah melihat orang yang sperti sifat hayyin tersebut. Atau bahkan Anda menyadari bahwa Anda termasuk golongan hayyin. Semoga kita mampu menjaga dan memperbaiki akhlak kita sehingga menjadi lebih baik.

2. Golongan Layyin.

Selanjutnya yaitu golongan layyin. Layyin artinya orang yang lembut dan santun. Baik dalam bertutur kata atau bersikap. Tidak kasar atau melakukan semaunya sendiri, tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya, tidak suka melakukan pemaksaan pendapat, lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

3. Golongan Qorib.

Golongan orang yang diharamkan masuk neraka selanjutnya yaitu Qorib. Qoribin yang artinya akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Wajah yang berseri-seri dan murah senyum ketika bertemu. Serta selalu menebar salam. Orang yang dimaksud dengan sifat tersebut adalah orang yang tidak mudah menyimpan dendam atau penyakit hati.

Mulai sekarang perbaiki sifat kita, paling tidak seperti sifat golongan qorib. Selalu menjaga akhlak dengan berperilaku baik disekitar.

4. Golongan Sahl.

Golongan yang terakhir yaitu sahl. Apa itu sahl dan bagaimana sifatnya. Sahl adalah orang yang tidak mempersulit sesuatu, selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah.

Baca juga : Roh Masih Ada di Rumah Setelah Meninggal?

Sobat Hafizi Azmi, Itulah ke empat sifat golongan orang yang diharamkan masuk neraka. Ternyata selain ibadah wajib kita pun perlu memelihara Akhlak Yang Mulia untuk bisa dijauhkan dari panasnya api neraka. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa meridhoi kita semua amin ya robbal alamin.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID