Tata Cara Wudhu Bagi Orang Sakit Lengkap

Alhamdulillah wassholatu wassalamu ala rasulillah sobat hafiziazmi. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara wudhu bagi orang sakit. Sebelumnya Bahwasanya Allah subhanahu wa ta’ala membolehkan untuk tayamum bagi orang yang sakit. Dengan ketentuan apabila dia tidak memungkinkan untuk menggunakan air.

Misalnya jika dia menggunakan air maka sakitnya akan bertambah parah atau bisa membahayakan dirinya. Namun selama menggunakan air tidak memberikan efek dan pengaruh yang besar bagi pasien atau bagi orang yang sakit. Maka mereka tetap kembali kepada cara bersuci yang normal yaitu berwudhu.

Dengan menggunakan air dan tidak diperbolehkan untuk tayamum kecuali jika dalam kondisi tidak memungkinkan untuk menggunakan air. Karena akan akan menimbulkan bahaya. Dibawah ini saya akan memberikan tutorial cara memwudhukan orang sakit.

Tutorial Lengkap : Tata Cara Wudhu Bagi Orang Sakit Lengkap

Yang harus Anda siapkan saat ingin mewudhukan orang sakit.

  • Pertama Anda bisa sediakan sebuah handuk yang kering yang nanti fungsinya adalah untuk menyerap tetesan-tetesan air ketika kita mewudhukan orang sakit.
  • Kemudian yang kedua yang perlu kita sediakan adalah air yang suci. Bisa anda gunakan sprei sebagai alat bantu untuk memberikan air ke orang yang sakit.
  • Kemudian berikutnya Anda sediakan sebuah baskom yang nanti digunakan untuk menampung air setelah dia berkumur .Kenapa kita sediakan baskom,? Karena yang namanya air berkumur keluar dari mulut dan di situ tentu saja ada banyak bakteri maka kita sediakan tempat baskom bukan dibuang .
  • Kemudian kita sediakan air dengan wadah gelas. kita manfaatkan nanti untuk berkumur.

Tata Cara Wudhu Bagi Orang Sakit

Setelah persiapak sudah lengkap, lanjut ke intinya yaitu cara wudhu bagi orang sakit.

Dimulai dengan mencuci kedua tangan, jika orang yang sedang sakit menggunakan infus dan bagian yang ditutupi dengan plester infus sebaiknya kita hindari dari air. Sehingga nanti cukup yang dibasahi adalah semua permukaan kulit yang di situ tidak ada plasternya. Mencuci kedua tangan silakan digabungkan kedua tangannya kemudian kita semprotkan air. Airnya ditampung dan langsung digunakan untuk mencuci kedua tangan sambil di sela-sela jari. Dan jangan lupa punggung tangan harus basah. jika anda merasa bahasanya ini belum basah Anda bisa ulangi lagi maksimal sampai tiga kali .

Baca juga : Cara Wudhu Menggunakan Air Sedikit ( 1 Gelas Minuman )

Jika anda merasa semuanya sudah basah ada air yang mengalir dibagian tangan. Maka itu sudah cukup untuk disebut mencuci kedua tangan. Karena ada dua gerakan dalam wudhu yaitu mencuci dan mengusap. Bedanya apa? kalau mencuci ada air yang mengalir di anggota wudhu. Sementara kalau mengusap hanya menggunakan titik-titik air yang menempel di tangan kita.

Kemudian selanjutnya setelah selesai mencuci kedua telapak tangan. Kita siapkan sebuah baskom untuk menampung buangan air kumur . kemudian kita minta kepada pasien orang yang sakit untuk berkumur bisa langsung diminum. Lalu kita tuangkan ke tangan kanan, tangan kiri yang memungkinkan jika tangan kanan tidak memungkinkan banyak bergerak bisa menggunakan tangan kiri. digunakan untuk menghirup air kedalam hidung cukup sekali jika anda bisa. Pastikan semuanya telah basah.

Selanjutnya kita mencuci wajah kembali menggunakan air yang diwadahi dengan spray. Gabungkan dua telapak tangan, kemudian berikan air secukupnya dan langsung diusapkan ke wajah.  Selama ada air yang mengalir di wajah sudah cukup bisa disebut sebagai mencuci wajah. Ketika Anda merasa masih ada bagian wajah yang belum basah Anda bisa ulangi.

Kemudian satu gerakan lagi yaitu untuk area jenggot. Karena jenggot bagian akar akar jenggot harus basah.  Cukup menggunakan 1 telapak tangan. Kemudian selanjutnya kita akan mencuci tangan sampai ke siku. Dan dengan tetap mewaspadai posisi infus (jika sakit parah) yang ada di tangan sehingga di bagian ini nanti kita pertahankan agar tetap kering. Kita awali dengan tangan kanan dulu dengan menggunakan bantuan tangan kiri jika anda merasa ada bagian yang belum basah maka kita ulangi sekali lagi.

Selanjutnya tangan kiri. jika tangan kanan masih memungkinkan untuk bergerak maka bisa menggunakan bantuan tangan kanan yang ada infusnya. Jika tidak dibantu oleh saudaranya yang membutuhkan. Selanjutnya kita mengusap kepala. Karena mengusap maka cukup menggunakan titik-titik air yang ada di tangan. Sehingga kita juga memberikan sedikit air di kedua telapak tangan kemudian digosokkan kemudian langsung bisa dipisahkan dari depan ke belakang balik lagi ke depan dan langsung disambung ke telinga.

Baca juga : Hukum Berlebihan Menggunakan Air Wudhu

Selanjutnya kita akan mencuci bagian kaki. Handuk bisa ditaruh di bawah kakinya. Pasien atau orang sakit bisa mencuci sendiri. Sementara Anda bisa membantu menuangkan air atau bisa juga dibantu mencucinya.  Diawali dengan kaki kanan. jika tangan kanan orang sakit tidak mungkin kan banyak bergerak karena ada infus maka cukup bisa menggunakan tangan kiri. Tuangkan air ke tangan kiri atau bisa juga langsung disiramkan, disemprotkan ke kaki kaki kanan dan selanjutnya kaki kiri.

Urutan wudhunya seperti biasa orang normal lakukan. Nah, seperti itulah tata cara wudhu bagi orang sakit. Silahkan di terapkan jika Anda mengalami hal semacam ini. Terima kasih atas kunjunganya, mohon maaf jika ada kesalahan.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID