Dosa Besar Selain Syirik, Berikut Penjelasan Dalam Islam

Assalamualaikum. Jumpa lagi dengan blog Hafizi Azmi blog islami masa kini. Hafizi Azmi kembali hadir ke hadapan anda untuk berbagai informasi mengenai dosa besar selain syirik semoga menginspirasi dan menjadi motivasi aktivitas anda hari ini.

Secara umum kita telah mengetahui bahwa dosa yang paling besar dan tidak ada lagi dosa lebih besar dari itu kecuali dosa berbuat Syirik. Orang yang berbuat Syirik disebut musyrik, dan jika seorang muslim melakukan Syirik lalu ia meninggal dalam keadaan musyrik, maka dia akan kekal di neraka. Status keislamannya batal, seluruh amal baiknya terhapus dan diharamkan ampunan Allah.

Dosa besar selain syirik

Maka pantas jika kaum Muslim sejak dulu begitu dihantui oleh dosa Syirik. Akan tetapi ternyata masih ada dosa lain yang lebih besar bahkan lebih dahsyat dosanya dibanding dosa Syirik.

Perbuatan Dosa Besar Selain Syirik Seperti Apa?

Ibnu qayyim dalam kitabnya dalam waktu yang menyebutkan dosa yang lebih besar dari Syirik itu adalah berbicara mengada-ada tentang Allah tanpa ilmu. Dalam hal ini Ibnu Qayyim menjelaskan, sungguh Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah haramkan berbicara dan mengada-ada terhadap Allah tanpa ilmu dalam fatwa dan ketetapan hokum.

Allah menjadikannya sebagai bagian dari perkara haram yang paling besar. Bahkan menjadikannya pada tingkatan perkara haram yang paling tinggi. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

“Katakanlah; “Tuhan ku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan mengharamkan mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (Al Quran surah Al-a’raf ayat 33)

Baca juga : Perbuatan Dosa Yang Langsung Dibalas Di Dunia

Perhatikanlah ayat ini, ayat ini menyebutkan ranking dosa yang hendaknya dijauhi seorang muslim dalam 4 tingkatan dosa. Dan berikut ini macam macam dosa besar selain syirik.

  1. Peerbuatan keji
  2. Dosa menganiaya
  3. Perbuatan syirik
  4. Mengada-ada terhadap Allah tanpa ilmu.

Pertama dan paling ringan adalah perbuatan keji, lalu menempatkan pada urutan kedua perbuatan yang lebih haram yaitu dosa dan aniyaya. Lalu menyusulkan di urutan ke tiga perkara yang lebih tinggi tingkat keharamannya daripada kedua di awal yaitu syiri terhadap Allah atau menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kemudian yang ke-4 suatu perbuatan yang lebih dahsyat keharamannya daripada semuanya itu yaitu berbicara mengada-ada terhadap Allah tanpa ilmu.

Menurut Ibnu Qayyim posisi dosa berbicara dengan mengada-ada tentang Allah tanpa ilmu di urutan keempat dari dosa-dosa dan masalah-masalah haram yang disepakati syariat. Menunjukkan bahwa berbicara tentang Allah tanpa ilmu adalah perkara haram yang paling haram dan paling besar dosanya. Dosa ini tidak pernah bisa menjadi halal kapanpun dan dalam kondisi apapun tetap haram.Ini berbeda dengan haramnya bangkai darah dan babi yang bisa jadi dibolehkan dalam kondisi tertentu.

Lalu apa saja yang dimaksud dengan dosa berbicara tentang Allah tanpa ilmu?

Masalah ini mencakup berdusta terhadap Allah dan meningkatkannya kepada sesuatu yang tidak layak untuknya, mengubah dan mengganti agamanya, meniadakan apa yang telah ditetapkan-Nya dan menetapkan apa yang ditiadakan oleh-Nya. Menganggap benar apa yang dimaksudkannya dan membatalkan apa yang dinyatakan benar oleh-Nya. Memusuhi orang yang dibela-Nya dan membela orang yang dimusuhi oleh Nya. Mencintai apa yang dibenci-nya dan membenci apa yang dicintai oleh-nya. Mensifati dirinya dengan sesuatu yang tak layak untuknya dalam zat sifat firman dan perbuatannya.

Demikian besar dosa berbicara terhadap Allah tanpa ilmu. Karena merupakan sumber kesyirikan dan kekufuran. Juga menjadi sebab dari semua bentuk kesesatan. Setiap perkara yang tetap dalam agama asas nya dalam berkata terhadap Allah tanpa ilmu.

Baca juga : Dosa Syirik Tidak Diampuni Allah?

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta “ini halal dan ini haram” untuk mengada adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung (itu adalah) kesenangan yang sedikit dan bagi mereka azab yang pedih.” (Al Quran surat An-Nahl ayat 116 dan 117

Dalam ayat ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyampaikan kepada mereka ancaman terhadap orang yang berdusta terhadap Allah. Mencari-cari alasan atas nama Allah, atas nama hukum Allah. Menghalalkan yang telah diharamkan Allah dan mengharamkan yang telah dihalalkan Allah.

Oleh karena itu bagi kita yang tidak menguasai ilmu Alquran atau ilmu tauhid atau ilmu-ilmu agama. Jangan mudah menyampaikan sesuatu yang tidak kita ketahui dengan jelas. Lalu menjelaskan kepada orang lain tentang semuanya itu dengan yakin padahal tidak menguasai ilmunya.

Maka waspadalah dengan dosa yang akan menghampiri yaitu dosa yang lebih besar dari dosa Syirik. Apalagi terkait dengan hukum-hukum Allah, masalah halal haram dan lain sebagainya yang terkait dengan aturan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Wallahu a’lam

Demikian artikel ini saya sampaikan untuk Anda mengenai dosa besar selain syirik yang sebenarnya sangat sepele. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan dosa besar tersebut, aamiin..