4 Amalan Malam Jumat Bagi Istri Yang Besar Pahalanya

Amalan malam jumat bagi istri yang besar pahalanya – Assalamualaikum. Hafizi Azmi |Blog islami masa kini akan memberikan informasi islami semoga terinspirasi dan bermanfaat untuk Anda. Sobat. Berbicara tentang pahala istri di malam jumat tidak hanya berhubungan intim saja. Namun ada beberapa amalan yang jika dilakukan pada malam jumat maupun di hari jumat akan mendapatkan pahala yang besar.

Pahala istri di malam Jumat sebagai, seorang istri sudah kita mengetahui apa kewajiban kita terhadap seseorang suami. Maka dari itu sudah sepatutnya istri mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan kepada sang suami di malam Jumat. Yang tentunya akan mendatangkan pahala. dan berikut amalan malam jumat bagi istri yang besar pahalanya.

Amalan malam jumat bagi istri

Beberapa Amalan Malam Jumat Bagi Istri

Beberapa amalan berikut ini bisa sobat muslimah lakukan kepada sang suami saat malam jumat tiba.

1. Mengajak suami membaca surat Al Kahfi

Sebagai seorang istri sudah sepatutnya kita saling mengingatkan untuk meneladani sunnah Rasulullah dan melakukan segala perintahnya. Maka dari itu ajaklah suami dan keluarga dalam menuju kebaikan. Seperti misalnya luangkan waktu untuk membaca surat Al Kahfi sama suami di malam Jumat. Agar keutamaannya menjadi berlipat dan dalam hal ini beberapa hadist  menjelaskan bahwa.

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya antara dirinya sampai Baitul atiq” sebagaimana di dalam sebuah hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (Hadits riwayat An Nasa’i)

Kemudian di dalam hadis lain Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (Hadis riwayat Ad Darimi)

2. Melayani suami dengan penuh kasih sayang

Merupakan pahala selanjutnya yang dapat dilakukan seorang istri di malam Jumat. Sudah menjadi kewajiban seorang istri dalam memberikan kasih sayang yang penuh terhadap seorang suami. Karena ialah seorang Imam di dalam sebuah keluarga yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh anggota keluarga di dalamnya.

Maka dari itu Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberi keutamaan bagi laki-laki yang lebih besar daripada wanita. Karena dialah yang berkewajiban memberi nafkah kepada istrinya. Bahkan dikatakan di dalam sebuah hadis, ciri dari Wanita penghuni surga adalah yang penuh kasih sayang dan setia kepada suaminya.

Baca Juga : Amalan di Hari jumat Yang Besar Pahalanya

Brikut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Wanita-wanita kalian yang menjadi penghuni surga adalah yang penuh kasih saying, banyak anak, dan banyak kembali atau setia kepada suaminya yang apabila suaminya marah ia mendatanginya dan meletakkan tangannya diatas tangan suaminya dan berkata, ‘aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridho.’’ (Hadits Riwayat Bukhari Muslim dan Ahmad)

3. Mengajak suami untuk selalu membaca sholawat

Amalan malam jumat bagi istri yang lainya adalah mengajak suami membaca sholawat. Jika seorang istri membaca sholawat untuk dirinya sendiri maka ia akan mendapatkan keutamaan bagi dirinya sendiri. Tapi jika seorang istri mengajak suami untuk membaca sholawat tentu seorang istri dapat mengamalkan sunnah Rasul bersama sehingga akan menambah pahala.

Oleh karena itu jangan pernah lelah untuk mengingatkan suami dalam melafalkan Shalawat kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Tidak hanya untuk hari Jumat tetapi di sepanjang waktu karena sesungguhnya keutamaan dari membaca salawat telah diterangkan dalam sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. di mana jika kita melantunkan sholawat sekali maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan bershalawat 10 kali.

Bagaiman di dalam sebuah hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (Hadits Riwayat Muslim 408)

Bahkan di dalam sebuah ayat Allah Ta’ala memerintahkan kepada para hamba-nya mengucapkan shalawat dan salam kepada beliau Shallallahu Alaihi Wasallam. Berikut Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 56 )

Beragam sholawat yang bisa Anda lantunkan setiap harinya. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang tidak memiliki buku sholawat maupun lagu sholawat. Karena saya akan merekomendasikan kepada Anda untuk mengunjungi blog sholawat lengkap yaitu https://sholawat.me . Di blog tersebut terdapat sholawat beserta lirik sholawat secara lengkap dan terbaru.

4. Membangunkan suami untuk sholat tahajud

Mengajak suami untuk sholat tahajud merupakan amalan malam jumat bagi istri yang besar pahalanya. Karena sesungguhnya sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar untuk dilakukan. Maka dari itu salah seorang diri saja sudah merupakan amalan yang luar biasa apalagi jika seorang istri mengajak sang suami untuk melakukan amalan yang satu ini.

Baca juga : Kenapa Malam Jumat Dianggap Keramat?

Selain itu bunyi sholat tahajud merupakan sebuah perintah langsung dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk para hamba-Nya bagaimana di dalam sebuah ayat Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Al Quran Surah Al Isra ayat 79)

“Bagi keluarga tentu tidak menjadi tanggung jawab istri ataupun suami untuk saling mengajak dalam kebaikan. Supaya sebuah keluarga bisa selamat hingga hari akhir kelak. Untuk itu pada saat seseorang istri terbangun di tengah malam dan hendak melakukan salat tahajud. Maka bangunkan juga sang suami agar bisa melaksanakan secara berjamaah di malam Jumat.

Semoga dengan pemaparan tadi tentang amalan malam jumat bagi istri bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID