Amalan di Hari Jumat Yang Memiliki Pahala Besar

Amalan di hari jumat. Mungkin kita pernah mendengar bahwa hari Jumat adalah harinya orang muslim. Namun ternyata kalimat tersebut tidak hanya sebatas omongan belaka. Karena hari jumat itu adalah hari yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala pilihkan menjadi hari terbaik diantara hari hari dalam sepekan bagi umat muslim. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menakdirkan hari Jumat sebagai Hulu atau pembuka hari-hari lainnya.

Amalan di hari jumat

Selain itu beberapa peristiwa-peristiwa besar Islam pun terjadi pada hari Jumat. Sebagaimana Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda.:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat ,pada hari itu Adam alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan dari padanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.”( Hadits Riwayat Muslim)

Amalan di Hari Jumat Yang Memiliki Pahala Besar

lalu amalan amalan di hari jumat apa yang memiliki pahala besar?. Pahala dari amalan yang kita kerjakan akan dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Apa saja amalan tersebut.

1. Amalan Ibadah Sholat Jumat

Sholat ini wajib hukumnya bagi kaum pria. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ

إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu Jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah ayat 9)

Bukan hanya saat sholatnya, namun banyak sekali sunnah sunnah yang mengiringi sebelum sholat nya. Seperti mandi sebelum sholat Jumat, memotong kuku, dan lain sebagainya. Di mana dikatakan dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahwa:

“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak atau mengoleskan minyak wangi di rumahnya, kemudian keluar menuju masjid dan dia tidak memisahkan dua orang yang sedang duduk berdampingan, kemudian dia mendirikan salat yang sesuai dengan tuntunan yang lalu dia mendengarkan dengan seksama ketika imam berkhutbah. melainkan akan diampuni dosa-dosanya yang terjadi antara Jumat tersebut dan Jumat berikutnya (Hadits Riwayat Bukhari)

2. Amalan Perbanyak Doa-Doa

Amalan berikutnya adalah doa. Di mana doa adalah cara seorang muslim untuk mengadu, memohon dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas apa yang ada di hatinya. Memang setiap hari kita bisa berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Namun berbeda dengan hari Jumat yang istimewa.

Karena di hari Jumat terdapat satu waktu yang membuat doa kita menjadi mustajab. Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda bahwa:

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah ta’ala niscaya permintaannya akan dikabulkan, Lalu Beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. Amalan Perbayak Membaca Sholawat

Amalan di hari jumat selanjutnya ialah memperbanyak sholawat. Karena sholawat yang kita berikan kepada nabi adalah bentuk kecintaan dan pujian kita terhadap Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam. Sholawat adalah hal kecil yang besar manfaatnya di akhirat kelak. Dengan bersholawat kita bisa mendapatkan manfaat-manfaat seperti dikabulkannya hajad dunia dan akhirat. Terangkatnya derajat kita dan menjadikan doa cepat diijabah oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Terlebih lagi di hari Jumat, karena hari Jumat sholawat dari umat muslim di bumi akan diperlihatkan kepada Rasulullah pada hari itu. dan barangsiapa yang memperbanyak shalawat maka dialah yang paling dekat dengan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam di akhirat kelak.

4. Amalan Membaca Surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi, betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan di hari Jumat karena pahala yang begitu besar. Orang-orang yang membaca Al Kahfi pada hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal.

Dan dalam hal ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, akan dipancarkan cahaya untuknya diantara dua Jumat.” (Hadis riwayat Al Hakim dan al-baihaqi)

Masya Allah , jadi seperti itulah beberapa amalan di hari jumat yang memiliki pahala besar. Ada banyak amalan amalan di hari jumat selain yang sudah saya sebutkan diatas. Sama seperti dihari-hari biasanya. Namun ke-4 amalan tersebut memiliki pahala yang dilipatgandakan oleh Allah.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID