Hindari Kalimat Yang Dilarang Saat Berdoa Berikut Ini!

Assalamualaikum sobat Hafizi Azmi.  Agar doa kita diterima Allah Subhanahu Wa Ta’ala hendaknya memilih kalimat doa dengan tepat dan benar. Untuk itu perlu mengenal kalimat yang dilarang saat berdoa. Kalimat apa saja yang mesti dihindari ketika berdoa.?

Mungkin Anda secara tidak sadar mengucapkan beberapa kalimat yang dilarang ketika berdoa. Oleh sebab itu saya akan menjelaskanya secara lengkap.

Kalimat Yang Dilarang Saat Berdoa

1. Kalimat: “Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga Engkau Kabulkan”

Kalimat pertama yang dilarang yaitu “aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga engkau kabulkan”. Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa. Seorang sahabat bertanya : ‘Ya Rasulullah Apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa.?’

Rasulullah Shalallahu Wassalam menjawab: ‘yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan “aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan setelah itu ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi” (Hadits Riwayat Muslim)

Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan yang dimaksud dengan kata Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam “saya berdoa tetapi tidak dikabulkan” bahwa seseorang bosan berdoa lalu meninggalkannya seakan-akan mengungkit-ungkit dalam doanya. Atau mungkin dia berdoa dengan baik sesuai dengan syaratnya tetapi bersikap bakhil dalam doanya. Dan menyangka Allah tidak mampu mengabulkan doanya. Padahal Dia zat yang maha mengabulkan doa dan tidak pernah habis pemberiannya.

Syech Al-Mubarakfury mengungkapkan bahwa Imam Al Mazari mengatakan barangsiapa yang merasa bosan ketika berdoa maka doanya tidak terkabulkan. Sebab doa dikabulkan atau tidak tetap saja sebagai ibadah. Itu sebabnya seseorang tidak boleh bosan beribadah.

Tertundanya permohonan boleh jadi belum waktunya doa tersebut dikabulkan karena segala sesuatu telah ditetapkan waktu terjadinya. Sehingga segala sesuatu yang belum waktunya tidak akan mungkin terjadi.

Baca juga : Saat Hujan Turun, Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Atau boleh jadi permohonan tersebut tidak terkabulkan dengan tujuan Allah mengganti doa tersebut dengan pahala. Atau doa tersebut tertunda pengabulan nya agar orang tersebut rajin berdoa. Sebab Allah sangat senang terhadap orang yang rajin berdoa. Karena doa memperlihatkan sikap rendah diri, menyerah dan merasa membutuhkan Allah.

Orang sering mengetuk pintu akan segera dibukakan pintu dan begitu pula orang yang sering berdoa akan segera dikabulkan doanya. Maka seharusnya setiap kaum muslimin tidak boleh meninggalkan berdoa.

2. Kalimat: “Ya Allah Ya Tuhanku, Apa yang Enkau siksakan kepadaku di akhirat kelak, maka segerakanlah siksa tersebut di dunia ini”

Kalimat yang dilarang saat berdoa lainya adalah “Ya Allah ya Tuhanku apa yang akan engkau siksa kan kepadaku di akhirat kelak, maka segerakanlah siksa tersebut di dunia ini”

Annas menuturkan bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah menjenguk seorang laki-laki muslim yang sedang sakit parah hingga kurus dan lemas seperti seekor burung kecil. Lalu Rasulullah Bertanya kepadanya:

“Apakah kamu pernah berdoa atau memohon sesuatu kepada Allah?

Sahabat tersebut menjawab:  “Iya, saya pernah berdoa: Ya Allah ya Tuhanku apa yang akan engkau siksakan kepadaku di akhirat kelak, maka segerakanlah siksa tersebut di dunia ini.”

Mendengar pengakuan itu Rasulullah pun berkata : “Subhanallah, Mengapa kamu Berdoa seperti itu. Tentu kamu tidak akan tahan. Mengapa kamu tidak berdoa: ya Allah berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka neraka.

Annas berkata , “lalu Rasulullah berdoa kepada Allah untuk sahabat tersebut dan akhirnya Allah pun menyembuhkannya.” (Hadits Riwayat Muslim)

3. Kalimat :”Ya Allah, rahmatilah aku dan Muhammad. dan janganlah Engkau merahmati seorang pun selain kami”

Kalimat lain yang dilarang diungkapkan dalam berdoa. “Ya Allah rahmatilah aku dan Muhammad dan janganlah engkau merahmati seorang pun selain kami”

Abu Hurairah menuturkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berdiri untuk sholat dan kami ikut berdiri denganya. Di tengah-tengah sholat ada seorang badui yang berbicara: “Ya Allah rahmatilah aku dan Muhammad dan janganlah engkau merahmati seorangpun selain kami”

Setelah salam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda kepada orang badui tersebut:

“Engkau telah menyempitkan sesuatu yang luas maksudnya adalah rahmat Allah” (Hadits Riwayat Bukhari)

4. Kalimat: “Ya Allah, Matikanlah aku”

Dan terakhir di antara kalimat yang tidak boleh diucapkan dalam berdoa adalah mengharapkan kematian. Seraya mengatakan “Ya Allah Matikan aku”

Anas bin Malik Radhiallahu Anhu menuturkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya, kalau memang hal itu harus, hendaknya ia mengatakan, “Ya Allah hidupkanlah aku jika kehidupan itu baik untukku dan matikanlah aku jika kematian Itu baik bagiku.” (Hadits Riwayat Bukhari )

Sampai disini akhir pembahasan kita tentang kalimat yang dilarang saat berdoa. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala melimpahkan karunia, hidayah dan taufiq Nya kepada kita. amin ya rabbal alamin.