Tidak Hafal Bacaan Sholat (Cuma Gerak Saja), Apa Hukumnya?

Hafiziazmi.com – Setiap muslim yang melaksanakan sholat sejatinya melengkapi syarat dan rukunnya agar sholatnya sempurna, sah dan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Lalu bagaimana dengan orang yang melakukan ibadah sholat tidak sempurna, tidak hafal bacaan sholat misalnya, atau orang yang karena kelalaian yang meninggalkan shalat dalam waktu yang lama.

Ketika sudah bertaubat iya lupa bacaan-bacaan dalam sholat. Atau bisa jadi karena dia baru mualaf dan tidak hafal bacaan sholat. Sementara untuk menghafalnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Apakah dalam kondisi demikian seseorang tetap harus melaksanakan sholat meski ia belum hafal bacaan sholantnya. Apa yang harus dilakukan saat sholat.? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tidak hafal bacaan sholat

Para ulama sepakat bahwa shalat hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang berakal dan balig atau dewasa. Serta tidak berhalangan secara syariat seperti karena haid, nifas dan gila.

Oleh karenanya selain tiga alasan tersebut sholat tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun dan dimanapun baik di darat, laut maupun udara.

Tidak Hafal Bacaan Sholat, Apakah Sah Sholatnya?

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’. (QS. Al-Baqarah ayat 43)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

“Amalan seorang hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik maka baiklah seluruh amalannya dan jika buruk maka buruklah seluruh amalannya.” (HR. At-Thabrani)

Namun yang sering menjadi permasalahan di kalangan awam adalah bagaimana jika tidak hafal bacaan sholat.? Apa yang harus dibaca dalam sholat?

Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak ada sholat bagi orang yang tidak membaca fatihatul kitab.” (Hadits Riwayat Al-bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah berkata:

“Pada setiap rokaat ada bacaannya. Apa yang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam perdengarkan keraskan bacaannya kepada kami, maka kami pun akan perdengarkan kepada kalian dan apa yang kau sembunyikan tidak mengeraskan bacaan kepada kami maka kami pun tidak mengeraskan jatuh pada kalian. Jika kalian tidak tambah selain al-fatihah maka itu sudah cukup, namun bila kalian tambah setelahnya itu lebih baik.” (Hadist riwayat Al-Bukhari)

Berdasarkan kedua hadis nabi mayoritas islam berpendapat bahwa jika seseorang tidak tahu bacaan sholat atau belum hafal semuanya, maka paling tidak harus membaca surat Al Fatihah dalam shalatnya. Karena membaca surat Al Fatihah termasuk rukun sholat dan penyempurna dari sholat.

Al Fatihah Tidak Hafal, Bagaimana?

Akan tetapi bagaimana jika surah Al Fatihah saja juga tidak hafal. Sedangkan al-fatihah itu rukun sholat yang jika tidak dibaca maka sholatnya tidak sah.

Para ulama sepakat bahwa jika orang yang sholat belum hafal surah al-fatihah maka ia dibolehkan membaca bagian mana saja yang termuda dari ayat-ayat al-qur’an.

Baca juga : Membaca Al-Quran dengan huruf latin, bolehkah?

Namun jika tidak ada satupun ayat Alquran yang dihafalnya maka ia hendaknya Bertasbih (mengucapkan Subhanallah), bertahmid (mengucapkan alhamdulillah) dan bertahlil (mengucapkan La ilaha illallah).

Maka ini sudah cukup baginya untuk menggantikan bacaan sholat dan Al Fatihah.

Dinyatakan dalam sebuah hadits:

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian berkata, “Saya tidak bisa membaca sedikitpun dari ayat Alquran, maka ajarkanlah saya sesuatu yang dapat mencukupinya”. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Katakanlah Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah allahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billah.” (Hadits riwayat Al Hakim dan Nasa’i)

Menurut ulama kontemporer wajib mengajarkan orang yang tidak bisa membaca Al-Quran untuk hafalan surah al-fatihah.

Jika waktunya sempit maka ia boleh membaca ayat apa saja selain al-fatihah yang bisa dari Alquran. Berdasarkan keumuman sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam:

“Bacalah apa yang engkau bisa dari ayat Alquran Jika ia tidak memungkinkan membaca al-quran maka ia boleh Bertasbih dengan mengucapkan Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah allahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billah.”

Jika hanya untuk bertasbih, bertahmid, bertahlil saja dalam shalat seseorang tidak hafal. Maka cukup baginya untuk bertakbir pada setiap berganti gerakan.

Dan bertasbih saja dengan mengucapkan “Subhanallah” yang dibaca sebanyak 3 kali setiap berganti gerakan sholat nya. Hingga akhirnya ia mengakhiri sholatnya dengan salam bersama Imam. Dengan begitu sholatnya sudah SAH.

Adapun jika Anda diam saja dalam keadaan bisa membaca Subhanallah tetapi tidak mengucapkannya. Maka sholatnya tidak SAH baik di saat salat sendirian maupun berjamaah.

Karena ia telah dianggap meninggalkan tapi dengan sengaja. Sedangkan tasbih kedudukannya menggantikan Surah al-fatihah dan bacaan sholat lainnya.

Baca juga artikel terkait sholat:

Sholat Cuma Melakukan Gerakan Saja

Lalu bagaimana jika orang yang tidak hafal bacaan sholat niat shalat sendirian dan hanya melakukan gerakan saja. Apakah solatnya sah?

Orang yang bacaan sholatnya tidak hafal hendaknya melaksanakan shalat secara berjamaah. Dengan hanya mencukupkan bacaan “Takbir” pada setiap pergantian gerakan dan bertasbih setelah itu.

Karena dengan sholat berjamaah maka menurut sebagian ulama bacaan Al Fatihah makmum sudah diwakili oleh bacaan Imam. Dalam hal sholat yang bacaannya dikeraskan.

Namun dalam hal sholat yang bacaannya tidak dikeraskan maka makmum wajib membaca Al Fatihah.

Dan jika tidak hafal Al Fatihah maka dapat digantikan dengan bacaan tasbih, tahmid dan tahlil.

Oleh karena itu jika orang yang tidak tahu bacaan sholat yang melaksanakan sholat sendiri tanpa membaca al-fatihah, ayat lain dari Alquran atau tasbih dan hanya melakukan gerakan dan takbir saja. Maka menurut sebagian ulama sholatnya tidak sah.

Namun menurut sebagian ulama yang lainnya sholatnya sah jika dilakukan berjamaah. Meskipun hanya bertakbir pada setiap berganti gerakan sholat.

Baca juga: batas waktu sholat dhuha

Jika ia benar-benar tidak bisa bertasbih dan belum sempat belajar. Misalnya jika baru pertama kali Anda sholat setelah menjadi mualaf. Karena inilah yang sesuai dengan kemampuannya pada saat itu. Akan tetapi Anda wajib belajar setelah itu dan secara bertahap mulai menghafal bacaan-bacaan sholat.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai orang yang tidak hafal bacaan sholat, bagaimana hukum dan cara yang benar untuk tetap melaksanakan sholat. Semoga dengan artikel ini bisa menginspirasi Anda semua yang membacanya.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

33 pemikiran pada “Tidak Hafal Bacaan Sholat (Cuma Gerak Saja), Apa Hukumnya?”

  1. Asalamualaikup saya mau tanya saya tidak bisa bacaan solat tapi saya ingin melaksanakan solat apakah di perbolehkan

    • Wa’alaikum salam. Terima kasih sudah bertanya. Dianjurkan bagi yang tidak bisa hafal bacaan sholat hendaknya sholat berjamaah. Cuma melafalkan takbir saja sudah sah sholatnya.

      Tapi, jngan lupa dihalafkan bacaanya ya 🙂

      • Assalamualaikum, maaf Saya mau bertanya.
        saya belum bisa hafal membaca bacaan shalat. apakah shalat saya bisa dikatakan SAH jika saya membaca bacaan shalat saya sambil mendengarkan bacaan shalat tersebut dengan rekaman di handphone sambil mengenakan headset agar saya dapat sambil menghafalnya. mohon di bantu. terimakasih

  2. Assalamualikum .. saya mau bertanya ada beberapa bagian doa sholat yg belum saya hafal utuh sebagian didalam beberapa gerakan sholat. Apakah sholat saya sah atau tidak jika seperti itu ..

    • Wa’alaikum salam. untuk masalah bacaan doa dalam gerakan sholat jika ada yng tidak hafal itu tidak mengapa. sholatnya tetap sah 🙂 tapi diusahakan untuk sholat secara berjamaah dan berusaha untuk menghafalkan bacaan sholat trsebut. terima kasih. 🙂

  3. Assalamualaikum saya mau bertanya saya tidak hafal semua bacaan sholat.. Yg tidak hafal yg paling terakhir..apakah sholat saya sah dan diterima Allah S.W.T terima kasih

    • Bacan yg terakhir yg mana ya kak? silahkan dibaca lagi kak artikelnya. sudah saya jelaskan kok 🙂

      Jika hanya untuk bertasbih, bertahmid, bertahlil saja dalam shalat seseorang tidak hafal. Maka cukup baginya untuk bertakbir pada setiap berganti gerakan. Dan bertasbih saja dengan mengucapkan “Subhanallah” yang dibaca sebanyak 3 kali setiap berganti gerakan sholat nya. Hingga akhirnya ia mengakhiri sholatnya dengan salam bersama Imam. Dengan begitu sholatnya sudah SAH.

    • Kalau doa sholat tidak hafal sebaiknya sholat berjamaah. “Bacalah apa yang engkau bisa dari ayat Alquran Jika ia tidak memungkinkan membaca al-quran maka ia boleh Bertasbih dengan mengucapkan Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah allahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billah.”

  4. Assalamualaikum , sya mw tanya donk
    Gmn hukum’y lw sedang sholat , sedang membaca tasyahud vi ad 1 / 2 lafad yg tidak bisa d ucapkn misl’y assalamualaika ayyuhannabiyu waroh matullahi wabarokatuh ,p sholat’y sah / tidak
    Mhon pnjlsn’y ,, kdang sya prnh ptus asa Krn sholat sya Lom sempurna takut sholat sya tidak d trimA
    Mhon d jwab , ni penting sekali buat sayA

    • Wa’alaikum salam.. Sah tidaknya sholat saya tidak berani menjawab kak.. tapi klau bner” tidak hafal bacaan sholatnya sholatnya ttep sah kok. asal bacaan rukun sholat seperti niat/al-fatihah wajib dibaca ya

  5. Assalamualaikum sya mw brtnya lg pk ustad
    Gmn Che cara’y agar sholat kita husu , kdang sya lg sholat truzz ad suara berisik dikit z , bacaan sholat sya jd buyar bhkn sya sering sekali mengulang sholat dri awal vi ttp sja bukn’y mlh sempurna mlh tmbah buyar , sya sering sekali putus asa Krn hal ini , bhkn sya berfikir wt p sya shalat lw sholat sya z mzih acak”n, padahal dalam hati sya , sya ingn Skali mlksanakn sholat tiap wktu , sya ingin bersungguh”
    Vi Krn hal it saya sering Skali ptus asa
    Mhon pnjlsn’y pak ustad mhon sekali

    • Wa’alaikum salam.. Sebaiknya ikut sholat berjamaah dimasjid/musholah ya. rapatkan shaf agar tidak diganggu setan. Krna klau sholat sndiri biasanya tdk khusu’ walaupun dlm keadaan sepi/sunyi. godaan setan dri kiri/kanan slalu ada. 🙂

  6. Assalamualaikum, pak apa kah di bolehkah bagi kita yg tidak terlalu hafal bacaan solat sunah dan zikir setelah solat kita melakukan nya dgn cara membaca doa zikir dri buku,?

  7. Assalammualaikum Ustaz Saya Mahu Bertanya Jikalau Saya Solat seorng diri jadi makmum solat subuh baca doa qunut atau tidak !! dan saya tidak hafal doa semasa solat al fatihah saya hafal doa yang lain susah saya nak hafal mana2 solat doa saya belum hafal berdoa trtapi mna2 solat last terakhir saya bertasbih astagfirulallahzim 33x subhanallah33x alhmdulillah33x lailahaillallah33x allah akhbar 34 bagaimana mana solat saya ada kah sah atau tidak mohon penjelasan ustaz saya mohon

    • – Jika hafal bacaan qunut lebih baik dibaca. Tapi jika tidak hafal tidak apa-apa.

      Imam Abu Hanifah mengatakan, qunut itu disunnahkan pada shalat witir yang dilakukan sebelum ruku’. Sedangkan pada shalat subuh, ia tidak menganggapnya sebagai sunnah, sehingga bila seorang makmum shalat Subuh di belakang imam yang melakukan qunut, hendaknya dia diam saja dan tidak mengikuti atau mengamini imam.

      – Al fatihah itu rukun sholat, jika tidk dibaca berarti tidak sah. Namun jika benar tidak hafal surat Al fatihah, Maka cukup baginya untuk bertakbir pada setiap berganti gerakan. Dan bertasbih saja dengan mengucapkan “Subhanallah” yang dibaca sebanyak 3 kali setiap berganti gerakan sholat nya. Hingga akhirnya ia mengakhiri sholatnya dengan salam bersama Imam. Dengan begitu sholatnya sudah SAH.

  8. Assalamualaikum ustad mau nanya saya ni gak hafal semua bacaan sholat yang saya hafal saya baca yang gak hafal saya diam apakah sholat sah ustad

    • Bacaan apa yang tidak hafal? jika seseorang tidak tahu bacaan sholat atau belum hafal semuanya, maka paling tidak harus membaca surat Al Fatihah dalam shalatnya. Karena membaca surat Al Fatihah termasuk rukun sholat dan penyempurna dari sholat.

  9. Assalammualikum ustaz . Saya nak tanya jika seseorang itu hanya membaca Al Fatihah dan memberi salam sahaja di dalam solatnya serta melakukan pergerakan yang betul adakah sah solat tersebut ? tetapi berniat .

    • Wa’alaikumsallam. Kalau benar tidak hafal bacaanya dan cuma hafal Al-Fatihah saja, insya’allah sholatnya sah. Asalkan membaca niat, al fatihah, takbir disetiap gerakan sholat. Insya’allah sah

  10. Assalamualaikum ustad saya mau bertanya, saya kan belum hafal Shalawat Nabi pada Tahiyat terakhir, kalau saya ga baca Shalawat Nabi di tahiyat akhir. Apakah sholat saya tidak sah?

    • Wa’alaikumsalam. Kalau bacaan sholawat di tahiyat akhir. Boleh membaca “Allahuma sholi ala muhammad” itu sudah cukup kok. Solusi : perbanyak membaca/mendengarkan sholawat ya 🙂

  11. Assalamualaikum.
    Mau tanya kalo solat ga hafal bagian takbir sama doa sehabis sujud.. itu masih sah ga ya solatnya. Semoga pertanyaanya dijawab. Terimakasih
    Waalaikumsalam wrwb

    • Wa’alaikumsalam.. maaf kak baru dibalas. baru buka blog 😀

      Anda sholat sndiri apa berjamaah? Kalau emang tidak hafal tidak mengapa (sah insya’allah)

      Sebaiknya kalau tidak hafal bacaan sholat. Saya saranin ikut sholat berjamaah di masjid/musholah ya kak. 🙂

  12. Assalamualaikum..maap mau nanya..apakah boleh klo nggak hafal tahiyat akhir trus di ganti sama doa lain…

    • Waalaikumsalam.. saya mau tanya balik nih kak. Doa lain yang dimaksud itu doa apa kak? Apakah sudah berusaha untuk menghafalnya namun masih tidak hafal? Boleh dengan takbir, tasbih atau sholawat saja kemudia salam, dengan catatan memang tidak hafal walaupun sudah berusaha.

      “Bacalah apa yang engkau bisa dari ayat Alquran Jika ia tidak memungkinkan membaca al-quran maka ia boleh Bertasbih dengan mengucapkan Subhanallah walhamdulillah wa lailaha illallah allahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billah.”

      Kak indra sholat sendiri apa berjamaah? kalau berjamaan boleh dengan baca takbir saja mengikuti imam.

  13. Salam sya baru mau belajar agama mendalami tetapi saya cma hafal Al Fatihah dan 3 qul apakah solat sya sah? Sya jga sukar utk menghafal tahiyat awal Dan akhir apa harus sya baca jga sya blm hafal tahiyat awal Dan akhir?

    • Wa’alaikumssalam wa rahmatullahi wa barakatuh.. Terima kasih sudah bertanya.

      Alhamdulillah.. Pelajari lebih giat lagi ilmu agamanya ya kak. Tetap dirikan sholat walaupun masih belum hafal bacaan atau cuma hafal surah Al-Fatihah. Sah tidaknya sholat hanya Allah yang tau kak. Namun dari segi syarat dan rukun sholat, tidak apa-apa jika benar-benar tidak hafal bacaanya. diartikel sudah terjawab pertanyaan Anda kak, Insya’allah SAH. Wallahu a’lam

      Semangat belajar Agama Islam…
      Jazakallahu Khairan..

  14. Salam saya masih tidak mengerti jika kita hafal al fatihah tapi tidak hafal bacaan tertentu(saya tidak hafal tasyahud awal dan akhir) saat sholat apakah bacaan tersebut diganti dengan al fatihah atau kita harus diam saja mohon pencerahannya

    • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Hafal surat Al-Fatihah tapi bacaan sholat lainya tidak hafal.

      Jwb: Jika hal ini dalam kondisi sholat berjamaah dan benar-benar tidak hafal bacaannya, maka dianjurkan untuk bertasbih, tahmid, atau bertahlil setiap berganti gerakan sholatnya. Bertasbih kedudukanya sebagai pengganti Al-Fatihah dan bacaan sholat lainya yang tidak hafal. Hal ini juga berlaku untuk sholat sendirian.

      Wallahu a’lam

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.