Tak Hanya Kucing, Simak Beberapa Hewan Pendeteksi Gempa Ini!

Hafiziazmi.com, Hewan pendeteksi gempa – Hewan memang memiliki perilaku yang mungkin tidak pernah bisa kita pahami, namun dari beberapa sifat uniknya tersebut ada satu sifat yang selalu mengejutkan masyarakat.

Jika kita berbicara hewan pendeteksi gempa, mungkin beberapa dari kalian akan menunjuk kucing. Namun tahukah kamu, ada beberapa hewan lain yang juga dapat mendeteksi adanya gempa. Apa saja ? Yuk kita simal ulasannya berikut.

Hewan yang Mampu Mendeteksi Gempa

Bencana alam datang tidak bisa diduga-duga. Sebagian orang percaya bahwa sebelum bencana terjadi, alam sudah memberikan berbagai pertanda, salah satunya melalui hewan pendeteksi bencana alam berikut ini.

1. Sapi

Dikutip dari situs https://www.harapanrakyat.com/, tidak hanya untuk dikonsumsi, hewan dengan segudang manfaat ini nyatanya juga mampu mendeteksi datangnya gempa. Tentu sangat beruntung bagi kalian, yang memelihara sapi di kebun.

Sapi peliharaan anda akan mengalami penurunan produksi susu, sebelum gempa terjadi. Penurunan produk secara drastis ini, dapat menjadi tanda bahwa sapi merasakan hal yang aneh dan menakutkan.

Sapi diyakini memiliki sensitifitas cukup tinggi, sehingga dapat merasakan datangnya bencana alam. Bahkan bukan hanya hari dimana gempa itu tersebut, sapi pun dapat mendeteksi bencana jauh-jauh hari.

Apabila gerak gerik sapi mulai memperlihatkan keresahan ditambah dengan produktifitas susu yang menurun dengan cepat, bisa jadi sapi anda mendeteksi datangnya bencana alam.

2. Kucing

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan pendeteksi gempa yang diakui oleh para ilmuwan. Datangnya bencana alam memang sulit untuk diprediksi, namun kucing akan bersikap aneh ketika bencana seperti gempa akan terjadi. Bahkan kucing pun akan mengalami perubahan sikap, satu minggu sebelum bencara tersebut terjadi.

Kucing akan terlihat lebih tertekan, serta memperlihatkan perilaku yang tidak biasa. Perilaku tersebut seperti gemetaran, gelisah, hingga berusaha untuk melarikan diri. Apabila kucing disekitar anda menunjukkan perilaku tersebut, bisa jadi mereka merasakan sebuah bencana yang hendak melanda sekitar.

Hewan lucu ini dinilai sangat peka terhadap getaran sekecil apapun, dibandingkan dengan manusia. Sebelum terjadi gempa yang dapat kita rasakan, kucing telah merasakan terlebih dahulu sebuah pergeseran lempeng meskipun dalam tingkatan yang cukup rendah. Dengan ke pekaannya terhadap getaran ini, membuat mereka mengetahui terlebih dahulu gempa yang akan terjadi.

Baca juga: Menabrak kucing bisa sial?

3. Katak

Dilansir dari harapanrakyat.com, katak adalah hewan pendeteksi gempa selanjutnya yang memang telah terbukti kebenarannya. Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, dengan mengamati kebiasaan katak. Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan, di Italia.

Pada penelitian tersebut, menunjukkan bahwa katak dapat mendeteksi gempa bumi lebih dini. Pada penelitian tersebut, gempa terjadi di kota L’Aquilla dengan kekuatan sekitar 5.9 SR. 3 hari sebelum gempa melanda kota L’Aquilla, tidak ditemukan katak di kolam yang biasa di tempati di sekitar kota tersebut.

Hal ini juga terjadi di China, pada tahun 2008 ketika wilayah Sichuan dilanda gempa berkekuatan 7,9 SR. 3 hari sebelum kedatangan gempa, ada satu desa yang dibanjiri oleh ribuan katak. Kumpulan katak tersebut diyakini merasanakan adanya bencana yang akan terjadi, dan bersiap untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

4. Semut

Hewan pendeteksi gempa selanjutnya adalah, hewan terkecil yang pernah kita lihat yaitu semut. Terkait benar atau tidaknya semut dapat mendeteksi bencana alam, hewan ini pun tak luput dari bahan penelitian pada ilmuwan. Penelitian di lakukan oleh para peneliti dari University of Duisberg-Essen yang berada di Jerman.

Pada hasil penelitian tersebut, memang menunjukkan jika semut dapat merasakan gempa berkekuatan 2,0 SR. Ukuran tersebut bahkan tidak bisa dirasakan manusia, sehingga semut dapat mengetahui adanya getaran yang lebih besar akan datang melanda sekitar. Semut pun diakui memiliki kemampuan, dalam merasakan perubahan karbon dioksida serta medan magnet bumi.

Baca juga: Hukum membunuh semut menurut islam

Ketika mulai merasakan adanya getaran gempa jauh-jauh hari, semut akan meninggalkan gundukan sarang rumah mereka. Hal ini akan dilakukan pada malam hari, untuk menghindari risiko dimangsa oleh predator.

Sama seperti katak, semut dapat merasakan bencana gempa, sehingga mereka akan meninggalkan  rumah mereka untuk ke tempat yang lebih aman.

Bencana alam adalah sebuah peristiwa, yang sangat sulit untuk diprediksi bagi manusia. Namun, memprediksi bencana alam rupanya tidaklah sulit bagi beberapa hewan. Mulai dari kucing hingga semut, mampu merasakan getaran kecil pertanda datangnya gempa bahkan jauh – jauh hari sebelumnya.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.