Adab Menguap Dalam Islam

Adab menguap dalam islam. Menguap merupakan sebuah gerakan refleks menarik dan menghembuskan nafas yang sering terjadi ketika seseorang merasa letih atau mengantuk. Belum diketahui penyebab mengapa orang menguap, tetapi seringkali dikatakan bahwa penyebabnya adalah jumlah oksigen di paru-paru yang rendah. Perlu Anda ketahui bahwa ada adab menguap dalam islam. Berikut penjelasanya.

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang bersin. Dan lain halnya dengan bersin yang disukai Allah, menguap justru dibenci Allah dan datangnya dari setan. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin hendak lah yang memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah. Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin dan apabila mengeluarkan suara ‘haa’ maka saat itu setan menertawakannya.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Adab menguap dalam islam

Tidak hanya bersin, Islam pun mengajarkan beberapa adab menguap dalam islam. Berikut ini penjelasanya.

1. Menutup mulut dengan tangan kiri

Adab menguap dalam islam yang pertama yaitu menutup mulut dengan tangan. Ketika menguap hendaknya tutup mulut kita dengan tangan seperti apa yang ada dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

“Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (Hadits Riwayat Muslim 2995)

Kenapa harus menggunakan tangan kiri? sebenarnya tidak diwajibkan dengan mengunakan tangan kiri. Namun sesuatu yang tidak baik hendaknya menggunakan tangan kiri. Karena seperti yang ada di dalam hadist tersebut bahwa menguap datangnya dari setan.

2. Saat menguap jangan bersuara ‘haaa’ ‘hooaam’

Seperti yang sudah ditetapkan dalam hadist riwayat Bukhari bahwa ketika kita menguap hendaknya jangan mengeluarkan suara ‘haa’. Karena dengan begini setan akan mudah masuk kedalam tubuh kita. Tidak hanya itu juga, menurut hadist diterangkan bahwa setan akan menertawakan ketika melihat orang yang menguap mengeluarkan suara.

Baca juga : Adab Bersin Dalam Islam

Dan dari sisi medis dijelaskan bahwa menguap merupakan reaksi tubuh yang terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi serta oksigen yang ada di dalam tubuh dan otak. Imam al Hadi meyakini bahwa menguap terjadi karena badan yang kekenyangan. Badan pun terasa berat untuk melakukan aktivitas sehingga menjadikan orang itu malas untuk melakukan ibadah. Itulah fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di balik menguap yang menyebabkan Allah membenci hal itu.

Masya Allah, Islam adalah agama yang sangat sempurna dan lengkap hingga hal kecil seperti bersin dan menguap pun telah diatur adabnya dengan benar. Semoga artikel tentang adab menguap dalam islam tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan kita amin ya robbal alamin.

Mohon maaf komentar di blog ini saya non aktifkan. Bagi Anda yang ingin memberikan saran/kritik/komentar/pesan bisa menuju ke halaman fanspage kami https://www.facebook.com/hafiziazmID