Pengertian Israf , Dampak Buruk dan Cara Menghindarinya

Pengertian israf– Pada era sekarang banyak sekali perilaku tercela yang terjadi bahkan telah menjadi berita media-media besar di Indonesia. Sebegitu burukah perilaku masyarakat Indonesia sampai perbuatan tercela ini bisa terjadi. Kejadian seperti ini bisa diantisipasi dengan perbaikan perilaku manusia. Hal ini harus dikembalikan ke keimanan masaing masing. Beberapa perilaku tercela yang wajib kita hindari yaitu israf, tabzir, ghibah dan fitnah.

Pengertian israf

Perilaku perilaku ini menjadikan kita dalam kehidupan yang tidak baik. Sebisa mungkin untuk tidak melakukan perilaku demikian. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian israf beserta dampak buruk dan cara menghindarinya.

Pengertian Israf Secara Bahasa dan Istilah

Israf adalah suatu sikap jiwa yang memperturutkan keinginan yang melebihi semestinya. Menurut bahasa, Israf berarti Menginginkan sesuatu tidak dalam rangka melaksanakan ketaatan kepada Allah. Israf bisa juga berarti, berlebih lebihan melewati batas. Sedangkan menurut istilah, israf yaitu melampaui batas dalam hal makan, minum, berpakaian, bertempat tinggal, dan keinginan yang tersembunyi dalam jiwa manusia.

Perbuatan israf atau berlebihan dilarang oleh Allah dalam firmannya :

يَبَنَيْ اَدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَشْرَبُوْا وَلَاتُسْرِفُوْا اِنَّهُ لَايُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Artinya :

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki0 masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai oran-orang yang berlebih lebihan.” (QS. Al A’raf(7) : 31)

Contoh Perbuatan Israf dan Dampak Buruk (akibat)

Secara pokok, israf adalah berlebihan dalam melakukan atau menggunakan sesuatu. Berikut ini adalah contoh perbuatan israf.

  • Suka membeli barang yang tidak perlu.
  • Suka menggunakan sesuatu di luar batas yang diperlukan.
  • Tidak menghargai kebaikan seseorang.
  • Tidak merasa puas atas apa yang ada.

Israf menganjurkan untuk untuk tidak berbuat israf dikalangan muslimnya. Hal ini disebabkan karena perbuatan israf akan menimbulkan perbuatan tercela lainya yaitu membentuk sifat sombong dan tamak.

Baca juga : Materi Iman Kepada Malaikat Allah Lengkap

Dampak Buruk Israf

Perilaku israf menimbulkan dampak yang sangat besar baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini adalah dampak buruk dari perilaku israf.

  • Hidupnya terancam bangkrut dan menderita.
  • Cenderung tidak disukai banyak orang.
  • Mendapat siksa di akhirat nanti.

Sifat tercela ini bisa kita hindari dengan beberapa cara. berikut ini hal hal yang dapat kita lakukan untuk menghidari perilaku israf, antara lain sebagai berikut.

  • Mengingat bahwa perilaku israf termasuk perbuatan setan.
  • Menghindari pergaulan dengan orang orang yang memiliki gaya hidup berlebihan.
  • Membiasakan hidup hemat dan cermat.
  • Membiasakan diri untuk bersyukur atas segala nikmat yang di berikan oleh Allah.
  • Sedekah.

Baca juga : Pengertian Ghibah dan Cara Menghindarinya

Orang yang memiliki perilaku israf juga akan membawa kemudaratan di masyarakat. Kemudaratan ini yaitu berupa munculnya hubungan yang saling mencurigai dan juga saling berprasangka buruk. Disamping itu, perbuatan israf juga akan menimbulkan sifat riya dan dengki. Banyak hal negatif yang ditimbulkan dari perbuatan israf inilah maka Islam sangat melarang perbuatan ini.

Dan balasan bagi orang yang berbuat israf adalah neraka yang menyedihkan. Allah swt. memberikan pelajaran kepada manusia akibat dari sikap hidup yang bermegah megah dan dengan harta benda. Orang yang berlebih-lebihan dengan harta akan mendera siksa akan hartanya itu. Kecuali, bagi orang orang yang mengamalkan hartanya di jalan Allah swt. Kisah itu terdapat pada QS. Al Isra : 27 berikut ini :

اِنَّ الْمُبَذَّرِيْنَ كَانُوْا اِحْوَانَ الشَّيَطِيْنِ، وَكَانَالشَّيْطَنُ لِرَبِّهِ كَفُوْرً

Artinya :

“Sesungguhnya orang orang yang pemboros itu adalah saudaranya setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhanya.” (QS. AL Isra : 27)

Pada intinya israf atau berlebih-lebihan harus kita hindari sebagai seorang muslim yang taat kepada Tuhanya. Semoga pembelajaran ini bisa kita cermati dan terapkan di kehidupan. Sekian artikel pini tentang pengertian israf, dampak buruk dan cara menghindarinya yang saya bahas dengan lengkap. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.