Hikmah dan Pentingnya Menghargai Karya Orang Lain

Diposting pada

HafiziAzmi.com – Apakah kita harus menghargai karya orang lain? Apa hikmah dan pentingnya menghargai suatu ciptaan atau karya orang lain?

Manusia adalah makhluk yang paling mulia dan banyak mempunyai kelebihan dibandingkan makhluk lainnya. Manusia dengan akal dan  budinya dapat menciptakan budaya, karya, dan penemuan-penemuan yang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.

Menghargai karya orang lain

Sebagai makhluk sosial, kita perlu menciptakan masyarakat yang harmonis. Untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis, perlu adanya saling menghormati dan menghargai. Salah satu hal yang harus kita hargai adalah hasil karya orang lain.

Allah swt. berfirman.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Q.S Al-Isra’ ayat 70)

Berkarya artinya melakukan atau mengerjakan sesuatu yang menimbulkan kegunaan atau manfaat bagi semua orang. Sedangkan menghargai karya orang lain adalah menghormati hasil usaha, ciptaan, dan pemikiran orang lain.

Baca juga: Perilaku hidup rukun dalam islam

Menghormati dan menghargai karya orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat, status, warna kulit, atau pekerjaan orang tersebut, sebab hasil karya merupakan pencerminan dari pribadi seseorang. Orang yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling bak budi pekerti (akhlak).

Hikmah menghargai hasil karya orang lain

Hikmah dari menghargai karya orang lain yaitu:

1. Dengan menghargai karya orang lain, maka orang lain akan menghargai kita.

2. Terjalin hubungan yang harmonis dan tenteram dalam lingkungan rumah tangga maupun masyarakat.

3. Menjadikan sikap sabar dan tabah dalam menghadapi  berbagai sikap dan perangai orang lain.

4. Dengan memberi penghargaan kepada orang lain, maka akan membawa manfaat terhadap sesama.5. Memberi penghargaan kepada orang lain nilainya sama seperti sedekah walaupun hanya dengan senyuman.

Berikan Nilai Anda

Gambar Gravatar
Hafiziazmi.com adalah blog islami yang terdapat ilmu fiqih, sejara islam, keutamaan al quran, dan materi agama islam terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.